Portal Jateng

KONI Kebumen Digelontor Dana Hibah Rp 2 Miliar

10
×

KONI Kebumen Digelontor Dana Hibah Rp 2 Miliar

Sebarkan artikel ini
KONI Kebumen Digelontor Dana Hibah Rp 2 Miliar
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama pengurus KONI Kebumen

KEBUMEN – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menandatangani Keputusan Bupati yang mengalokasikan dana hibah sebesar Rp 2.050.000.000 untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kebumen. Dana tersebut bakal dicairkan pada Juni 2023.

Bupati menyatakan, bantuan tersebut diberikan sebagai wujud dukungan pemerintah daerah terhadap KONI, agar olahraga di Kebumen semakin maju dengan hadirnya atlet-atlet berprestasi.

“Tahun ini kita memberikan dana hibah untuk KONI Kebumen sebesar Rp 2.050.000.000 untuk mendukung kegiatan olahraga di Kebumen, agar atlet-atlet tetap bersemangat dalam berlatih, sehingga mampu menjadi juara,” ujar Bupati dalam keterangannya, Jumat (11/5).

Bupati pun meminta agar dana hibah yang bersumber dari APBD Kabupaten Kebumen 2023 tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan dialokasikan sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang telah direncanakan sebelumnya.

“Agar dana yang diberikan dapat dimanfaatkan dan dialokasikan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, sehingga keberadaannya dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kemajuan olahraga Kebumen,” jelasnya.

Ketua KONI Kebumen Sriyanto membenarkan pihaknya menerima dana hibah dari Pemkab Kebumen sebesar Rp2.050.000.000, dengan rincian Rp 1.800.000.000 merupakan hibah KONI. Kemudian Rp100.000.000 dana Pokir dari anggota DPRD Kebumen yang dititipkan kepada KONI, dan yang Rp150.000.000 merupakan dana untuk NPCI (National Paralympic Committee Indonesia (NPCI).

Dana tersebut, kata Sriyanto, akan digunakan untuk persiapan Pekan Olahraga Provinsi (PON Prov) ke- 16 di Pati Raya pada 5-11 Agustus 2023. Adapun dari KONI Kebumen yang lolos Pra PON Prov itu ada 23 cabang olahraga, dengan 184 atlet, kemudian 25 persennya adalah official, ditambah panitia 50 orang, sehingga total yang bakal berangkat pada ajang PON Prov di Pati Raya sekitar 300 orang.

KONI Kebumen Digelontor Dana Hibah Rp 2 Miliar

“Jadi target kita di PON Prov tahun ini, kita tidak lagi di urutan bawah, dengan hanya mendapatkan 1 medali emas. Gambaran kami dengan pembinaan yang terus kita lakukan pada PON Prov ini, minimal kita bisa bawa pulang 7 emas,” tuturnya.

Beberapa cabang olahraga yang ditargetkan mendapat emas, yakni Sambo dengan dua emas, Judo dua emas, renang dua emas, football satu emas, hoki satu emas, handball satu emas. Karana pentingnya persiapan tersebut, maka dana hibah dari Pemkab akan diarahkan ke PON Prov agar target bisa tercapai.

“Karena ending dari pembinaan KONI dalam olahraga prestasi adalah kejuaraan PON Prov. Oleh karenanya anggaran yang kami terima itu akan kita fokuskan untuk PON Prov. Maka untuk yang lain-lain mohon bersabar dulu. Apakah tidak diberi dana dari KONI? Nanti dulu saya tek konsen di PON Prov dulu,” terangnya.

Tak lupa, pihaknya berterima kasih kepada Bupati Kebumen atas perhatiannya selama ini kepada KONI. Bahkan Bupati berkomitmen akan memberikan bonus bagi atlet yang nantinya mendapat emas di ajang PON Prov. “Harapan kami kepada pemerintah daerah yang selama ini sudah mendukung kami, saya mohon untuk ditingkatkan.”

“Agar apa? Agar atlet kita yang berprestasi tidak diambil oleh daerah lain. Karena ada banyak atlet kita diambil kabupaten lain, misalnya atlet voli ada beberapa orang. Saya yakin Pak Bupati bersama jajaran, benar-benar sangat perhatian terhadap KONI dan atlet-atlet kita. Karana itu saya ucapkan terima kasih kepada beliau atas perhatian yang diberikan,” tandasnya. (Mad)