Komunitas Senam Ramaikan Pembukaan UMKM Desa Pajerukan Banyumas

Komunitas Senam Ramaikan Pembukaan UMKM Desa Pajerukan Banyumas
Komunitas senam turut meramaikan pembukaan UMKM Desa Pajerukan, Kecamatan Kalibagor, Banyumas (Foto : Sugito/Portal lndonesia)

BANYUMAS – Pemerintah telah menetapkan istilah UMKM ( Usaha Mikro Kecil Menengah ) sesuai UU No.20 Tahun 2008. UMKM artinya bisnis yang dijalankan individu,rumah tangga ,atau badan usaha ukuran kecil.Istilah yang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat.

Di masa Pandemi Covid -19 hampir semua UMKM tertidur usahanya. Untuk sementara, ada 47 pedagang kecil yang mangkal tiap hari minggu di sebelah barat lapangan Pajerukan . Bermacam pedagang kecil berumpul menawarkan dagangannya. Ada pedagang cilok, sosis bakar, pecel, ciwel dan sebagainya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ny. Eti, salah satu pengurus UMKM Desa Pajerukan, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, Minggu(17/10/2021).

Acara pembukaan UMKM yang di ramaikan oleh Komunitas Senam ibu – ibu se wilayah Kecamatan Kalibagor akan diadakan setiap minggu sekali. “Dengan tujuan supaya masyarakat Pajerukan pada sehat , dan masyarakat lain pada umumya, dan harapannya setelah senam mereka bisa belanja sesuai kebutuhan sehingga UMKM/pedagang kecil tambah penghasilannya, ekonomi masyarakat berjalan,” kata Slamet Kepala Desa Pajerukan yang ditemui Portal Indonesia.

Kegiatan ini memang didukung oleh Pemerintah Desa Pajerukan sehingga yang berjualan disekitar area lapangan khusus untuk warga Pajerukan,diluar itu tidak boleh,kalo untuk senamnya bebas orang mana saja boleh,dan kami dari BPD(Wasis) akan memberikan masukan kepada pemdes agar ke depan pelaksanaannya agar lebih baik .

“Saya senang ada UMKM di Pajerukan,kalo bisa seperti di Gor Satria. Banyak pedagang kecil yang ikut berjualan sehingga saya bisa ikut senam tiap minggu dan bisa belanja ,tidak jauh harus ke Purwokerto ,” kata pengunjung. (Git)

Tinggalkan Balasan

error: