Hukum & KriminalPortal Jateng

Komplotan Pencuri Kambing di Wonosobo Berhasil Dibekuk Polisi

722
×

Komplotan Pencuri Kambing di Wonosobo Berhasil Dibekuk Polisi

Sebarkan artikel ini
Komplotan Pencuri Kambing di Wonosobo Berhasil Dibekuk Polisi
Komplotan pencuri kambing ditangkap Polres Wonosobo (Ist)

WONOSOBO — Polres Wonosobo berhasil mengungkap kasus pencurian kambing yang telah meresahkan warga di wilayah Leksono dan Sapuran.

Empat orang pelaku yang diduga terlibat dalam aksi pencurian tersebut berhasil diamankan. Keempat pelaku bersal dari Wonosobo, Temanggung dan Banjarnegara.

Pencurian kambing ini dilakukan oleh sekelompok maling yang aktif beraksi di dua wilayah berbeda, yakni Leksono dan Sapuran.

Pelaku yang berhasil ditangkap melakukan aksi pencurian sebanyak 4 kali di wilayah Leksono, dengan total 19 ekor kambing berhasil dicuri.

Selain itu, di Sapuran, pelaku berhasil membobol 7 kandang dan mencuri 38 ekor kambing.

Kasus ini mulai terungkap setelah adanya laporan dari para pemilik kambing yang mengalami kerugian akibat pencurian tersebut.

Polres Wonosobo kemudian melakukan penyelidikan intensif untuk mengungkap identitas dan jejak pelaku.

“Setelah melakukan penyelidikan yang mendalam, kami berhasil mengidentifikasi dan menangkap empat pelaku yang terlibat dalam aksi pencurian ini. Selain itu, kami juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa kambing hasil curian,” ujar Kapolres Wonosobo, AKBP Donny Lumbantoruan, Jumat (1/3/2024)

Para pelaku yang berhasil ditangkap akan dijerat pasal 363 ayat (1) ke-1, ke-4 dan ke-5 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan anacaman pidana penjara paling lama 7 tahun.

Polres Wonosobo juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan bekerjasama dengan kepolisian dalam menjaga keamanan wilayah.

Pemilik kambing yang menjadi korban pencurian menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Polres Wonosobo atas upaya mereka dalam mengungkap kasus ini. Mereka berharap agar tindakan hukum yang diambil dapat memberikan efek jera kepada pelaku pencurian kambing dan mencegah kejadian serupa di masa mendatang. (gil)