Komitmen Sekolahnya Melesat, Kepala SMK Negeri 1 Tapen Latih GTK Jurnalistik

  • Bagikan
Komitmen Sekolahnya Melesat, Kepala SMK Negeri 1 Tapen Latih GTK Jurnalistik
Kepala SMKN 1 Tapen, Asyik Sulaiman Sedang Membuka Acara Pelatihan Jurnalistik

BONDOWOSO – Hari ini (03/01) adalah hari pertama kegiatan pelatihan jurnalistik bagi GTK SMKN 1 Tapen. Acara yang sediannya akan berlangsung hingga tiga hari kedepan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mengasah kompetensi jurnalistik para GTK SMKN 1 Tapen.Pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan di Aula Smk Negeri 1 Tapen trsebut diikuti oleh Tenaga Pendidik dan kependidikan, serta beberapa siswa yang berminat.

Kepala SMKN 1 Tapen Asyik Sulaiman dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan jurnalistik  merupakan agenda rutin tahunan Tim Kurikulum SMK Negeri 1 Tapen yang bertujuan untuk memberi pengetahuan dasar seorang jurnalis dalam menuliskan sebuah berita, baik di media cetak online maupun offline.

“Saya mempunyai harapan besar bahwa semua GTK untuk bisa menghasilkan produk jurnalistik baik dalam bentuk berita maupun karya-karya features agar sekolah kita semakin melesat“ tegas Asyik mengakhiri sambutannya.

Hadir sebagai pemateri pelatihan jurnalistik kali ini adalah Daris Wibisono Setiawan yang merupakan kepala SMAN 1 Sumber, Probolinggo. Daris dalam paparan materinya mendeskripsikan pentingnya GTK mempunyai kemampuan penulisan jurnalistik dalam hal ini khususnya adalah teknik penulisan berita dan features. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan mendapat tugas untuk membuat berita kegiatan pelatihan jurnalistik berkaitan dengan penulisan berita yang menggunakan prinsip 5W1H dan membuat tulisan berdasarkan kegiatan-kegiatan sekolah yang dilaksanakan di SMKN 1 Tapen Bondowoso.

“ Saya akan berikan jurus sakti nulis berita dan features, dana saya yakin jikan bapak dan Ibu mengikuti degnan baik, saya jamin cukup 9 menit maka jenengan bisa hasilkan berita” ujarnya dengan semangat.

Pantauan PortalIndonesia di lokasi kegiatan, antusiasme peserta pelatihan jurnalistik sangat luar biasa, dengan pemateri yang mampu membawakan suasana menjadi sangat hangat ,sehingga para peserta semakin bergairah untuk menulis berita tentang kegiatan ini .

“saya merasa menemukan hal yang sangat menantang dalam kegiatan pelatihan jurnalistik ini, ke depan setiap agenda sekolah akan selalu saya jadikan berita, dan yang menarik adalah features, karena kebetulan saya sangat dekat dengan anak-anak” ungkap Darmaji, salah satu peserta yang merupakan guru BK di SMK Negeri 1 Tapen.

Pada akhir kegitaan hari pertama, ketua panitia kegiatan Diah Permitasari menyampaikan bahwa kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin dalam meningkatkan kemampuan GTK dalam menulis karya ilmiah maupun artikel ilmiah sebagai bentuk peningkatan mutu dalam dunia pendidikan merdeka belajar.

“semoga kemampuan menulis GTK di SMK Negeri 1 Tapen akan lebih baik dan dinamis guna mendukung kemajuan sekolah dalam pengembangan literasi” tegas Mita.

  • Bagikan
error: