Portal Jatim

Kodam XVIII/Kasuari Peringati Nuzulul Qur’an 1444 H/2023 M

11
×

Kodam XVIII/Kasuari Peringati Nuzulul Qur’an 1444 H/2023 M

Sebarkan artikel ini
Kodam XVIII/Kasuari Peringati Nuzulul Qur’an 1444 H/2023 M
Kodam XVIII/Kasuari saat gelar peringatan Nuzulul Qur’an Tahun 1444 Hijriyah / 2023 Masehi, di pelataran Masjid Istiqlal Kodam XVIII/Kasuari, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Sabtu (8/4/2023).

MANOKWARI. portal-indonesia.com – Kodam XVIII/Kasuari peringati Nuzulul Qur’an Tahun 1444 H/2023 M, di pelataran Masjid Istiqlal Kodam XVIII/Kasuari, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Sabtu (8/4/2023). Kegiatan ini digelar guna memperingati peristiwa penting penurunan wahyu Allah pertama kepada Nabi dan Rasul terakhir agama Islam yakni Nabi Muhammad SAW.

Dalam acara ini dihadiri Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., Kasdam XVIII/Ksr Brigjen TNI Yusuf Ragainaga, para pejabat Kodam, Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari beserta pengurus dan seluruh prajurit dan PNS Kodam XVIII/Kasuari beserta keluarganya serta masyarakat sekitar Makodam yang beragama Islam.

Acara diawali dengan pembacaan Kalam Ilahi oleh Ustad Jafar dilanjutkan sambutan Pangdam XVIII/Kasuari diakhiri dengan mendengarkan ceramah tentang hikmah peringatan Nuzulul Qur’an oleh Bapak Ustad Muhammad Hasyim Asy’ari, S.H., yang ditutup dengan Do’a.

Kodam XVIII/Kasuari Peringati Nuzulul Qur’an 1444 H/2023 M
Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos. dalam acara peringatan Nuzulul Qur’an 1444 H, di pelataran Masjid Istiqlal Kodam XVIII/Kasuari, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Sabtu (8/4/2023).

Pangdam dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa turunnya Al Qur’an untuk digunakan sebagai petunjuk bagi umat Islam.

“Untuk itu saya berpesan kepada kepada seluruh prajurit yang beragama Muslim agar kitab suci Al Qur’an yang menjadi pedoman hidup manusia agar tidak tersesat hidupnya di dunia, tidak sekedar hanya dipajang menjadi koleksi saja, tanpa ada niat dan upaya untuk membaca dan memahaminya, sehingga mampu bersikap dan berprilaku dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, ia berharap agar peringatan Nuzulul Qur’an yang dilaksanakan setiap tahun, dapat dijadikan momentum untuk merefleksikan diri, sejauh mana kecintaan dan pengamalan terhadap kitab suci Al Qur’an.

“Tausiah membahas tentang hikmah Nuzulul Qur’an, yang mengusung tema “Memaknai Ibadah Puasa Ramadhan Untuk Meningkatkan Disiplin Diri Dan Etos Kerja Prajurit TNI AD”, semoga apa yang disampaikan nanti, akan menambah pengetahuan dan pemahaman kita untuk selalu dekat dengan Alqur’an sekaligus akan menjadi tambahan bekal moral prajurit dan PNS serta Persit yang beriman, bertaqwa, berdisiplin dan profesional serta berguna bagi keluarga, Bangsa dan Negara,” kata Pangdam.(**/red)

Sumber : Pendam XVIII/Ksr