Portal Papua Barat

Kodam XVIII/Kasuari Gelar Upacara Harkitnas “Momentum Semangat Untuk Bangkit”

11
×

Kodam XVIII/Kasuari Gelar Upacara Harkitnas “Momentum Semangat Untuk Bangkit”

Sebarkan artikel ini
Kodam XVIII/Kasuari Gelar Upacara Harkitnas “Momentum Semangat Untuk Bangkit”

MANOKWARI. portal-indonesia.com – Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasiona (Harkitnas) ke 115 tahun 2023 digelar di Lapangan Makodam XVIII/Kasuari, bertindak sebagai inspektur upacara Irdam Kasuari Brigjen TNI Eko Susetyo, , pada Senin (22/5/2023).

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate dalam amanatnya yang dibacakan oleh Irdam, menyampaikan seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala, hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.

“Barisan persatuan yang dibentuk oleh Boedi Oetomo adalah suatu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang 1 sulit, baik pada masa pra-kemerdekaan maupun pasca-kemerdekaan. Di masa ini, di saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak – mengobarkan api “Semangat Untuk Bangkit!” demi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ucapnya.

Pada tanggal 5 Mei 2023, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa status Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau darurat kesehatan global untuk COVID-19 secara resmi dicabut.

“Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pascapandemi. Hari Kebangkitan Nasional hari ini juga kita maknai dengan memperingati perjuangan bersama kita. Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan Bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun,” ujarnya.

Disamping itu, Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022 semakin membawa harum nama Ibu Pertiwi dalam mendorong Semangat Untuk Bangkit di tingkat dunia dengan mengangkat tema “Recover Together, Recover Stronger”.

“Kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia pun terus berlanjut dengan keketuaannya dalam forum ASEAN di tahun 2023 yang efektif berlaku sejak tanggal 1 Januari 2023 yang lalu. Semangat Untuk Bangkit dan mempercepat pemulihan global pascapandemi juga dikobarkan di tingkat regional dengan mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”.

“Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan,” kata Menteri Kominfo RI dalam amanatnya.

Ikut dalam kegiatan ini, para pejabat dan seluruh prajurit baik Perwira, Bintara dan Tamtama Kodam XVIII/Kasuari dan para prajurit Yoni 761/KA.(**/red)

Sumber : Pendam XVIII/Ksr