‘Klithih’ Harus Ditindak Tegas

  • Bagikan
'Klithih' Harus Ditindak Tegas
Ilustrasi aksi klithih

YOGYAKARTA – DPRD DI Yogyakarta (DIY) menilai fenomena klithih di Yogyakarta sangat memprihatin dan menyedihkan. “Betapa kota pelajar tempat siswa dan mahasiswa dari berbagai tempat menjadi mengkhawatirkan dan mencekam di malam hari karena aksi anak anak muda yang tidak bertanggung jawab,” kata Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana di Yogyakarta, Rabu (29/12/2021).

Ia minta klithih dideteksi sejak awal oleh aparat dan dilakukan pencegahan. Dengan teknologi yang ada saat ini  diyakini aparat akan mampu mendeteksi dini koordinasi-koordinasi gank klithih. Selain itu kerjasama erat dan komunikasi dengan sekolah juga harus dilakukan untuk pencegahan.

Hal sangat penting lainnya, lanjut Huda, harus tindak tegas terhadap peredaran minuman keras illegal. Ini karena sebagian sangat besar aksi klithih dalam pengaruh miras atau narkoba,  sehingga muncul kenekadan yang tidak masuk akal. “Peredaran miras dan narkoba ini harus diberantas, disesuaikan aturan yang ada. Apalagi oplosan yang membahayakan jiwa,” ingatnya.

Diyakini jika miras dan narkoba bisa dicegah maka 90 persen aksi klithih bisa dicegah juga. “Saat ini akses miras ilegal sangat mudah dan murah, itu masalahnya. Bahkan kemarin ada toko miras,  jelas illegal berani iklan massif di medsos,” tunjuknya seraya menyebut aneh juga kalau mau klithih berhenti tapi peredaran illegal miras dibiarkan.

Poin berikutnya adalah tindakan hukum yang tegas bagi pelakunya agar menimbulkan efek jera. Pelaku musti ditindak sesuai hukum yang berlaku, meskipun usia pelaku klitih masih anak-anak tapi membahayakan sekali tindakannya. (Bams)

Penulis: BambEditor: Tris
  • Bagikan
error: