Portal DIY

Keuntungan PDAM Sleman Melebihi Target

1421
×

Keuntungan PDAM Sleman Melebihi Target

Sebarkan artikel ini
Keuntungan PDAM Sleman Melebihi Target
Direktur PDAM Sleman Dwi Nurwata, S. E, M.M (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Karena dikelola dengan baik dan benar, program penambahan sambungan maupun keuntungan yang diraih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sleman tahun 2023 ini, bisa melampaui target. Karenanya target keuntungan PDAM Sleman tahun 2024 juga ditingkatkan.

Menurut Direktur PDAM Kabupaten Sleman, Dwi Nurwata, dalam upaya peningkatan layanan masyarakat terhadap air bersih, awal tahun 2023 lalu, PDAM Sleman mamasang target dapat menambah 1.500 unit sambungan baru. Karena dikerjakan dengan baik dan penuh semangat, justru bisa menambah jaringan baru sebanyak 2.015 unit sambungan baru, atau lebih 1.015 sambungan baru dari yang ditargetkan.

Demikian halnya dalam hal keuntungan. Jika pada awal tahun lalu keuntunganya ditargetkan sebesar Rp3,5 miliar, namun realisasinya bisa mencapai Rp4,7 miliar atau lebih Rp1,2 miliar dari yang ditargetkan.

Dalam upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat, PDAM Sleman terus berupaya meningkatkan kuuantitas dan kuantitas air yang dipasok ke para pelanggan.

Diantaranya, bekerjasama dengan masayarakat, PDAM Sleman sering melakukan reboisasi lahan di berbagai wilayah di Slemn, dengan harapan resapan air tanah tetap terjaga.

Selain itu, pada tahun 2023 ini, PDAM Sleman selain meningkatkan kualitas air, juga menambah debit air yang dipasok kepada para pelanggan sebanyak 60 liter per detik. Sehingga persediaan air bersih yang dipasok ke masyarakat yang semula sebesar 560 liter per detik, kini meningkat menjadi 620 liter per detik.

Keuntungan PDAM Sleman Melebihi Target
Kantor PDAM Sleman (Brd/Portal Indonesia)

Dengan penambahan debit air tersebut, meski kebutuhan air bersih di berbagai hotel dan restoran di Sleman terus mengalami peningkatan, namun PDAM Sleman menjamin semua kebutuhan air di hotel-hotel pelangganya tidak akan mengalami permasalahan.

Dwi Nurwata menambahkan, tahun 2024 mendatang target keuntungan PDAM Sleman juga ditingkatkan. Jika tahun 2023 ini target keuntunganya sebesar 3,5 dan dan terealisasi Rp 4, 7 miliar, maka pada tahun 2024 nanti, target keuantunganya dinaikan menjadi Rp4,5 miliar.

Untuk meraih target tersebut, mulai bulan Juli 2024 mendatang, PDAM Sleman akan menerapkan program digitalisasi. Program digitalisasi tersebut akan dilakukan secara menyuluh, mulai dari sistem produksi, distribusi maupun pantauan tekanan air, yang pengerjaanya semua akan memanfaatkan teknologi digital.

“Melalui proigram digitalisasi tersebut, modal awal yang diperlukan memang besar, namun nantinya keuntungan yang diraih juga akan menjadi lebih optimal,” tegasnya. (Brd)