Berita

Ketahanan Keluarga Cikal Bakal Ketahanan Suatu Negara

187
×

Ketahanan Keluarga Cikal Bakal Ketahanan Suatu Negara

Sebarkan artikel ini
Ketahanan Keluarga Cikal Bakal Ketahanan Suatu Negara
Manager Generali Indonesia dan Generali Group, Edy Tuhirman selaku CEO (kedua dari kiri), Vivin Arbianti Gautama selaku Chief Marketing (kanan), Emma Ursich selaku Executive Officer of The Human Safety Net (kedua dari kanan), dan Septi Wulandari selaku Founder Komunitas Ibu Profesional (kiri) saat berbincang dalam acara The Human Safety Day 2024 (Ist)

JAKARTA – Peran perempuan sekaligus ibu memegang kunci dalam upaya keluarga membentuk ketahanan yang berujung pada kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga. “Dari ketahanan keluarga ini sejatinya menjadi cikal bakal ketahanan suatu negara,” ujar CEO PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia Edy Tuhirman pada sesi edukasi finansial dan kelas parenting kepada para perempuan dan para ibu di kawasan Cakung, Jakarta Timur, Jumat (8/3/24).

Gerakan ini mengusung tema
The Human Safety Net Day 2024 : Empowering Lives through Financial Education and Parenting Insight. Acara dihadiri lebih dari 200 anggota keluarga, bertujuan semakin meningkatkan ketahanan keluarga melalui peran ibu sekaligus dalam rangka merayakan Hari Perempuan Internasional 2024.

Menurut Edy, jika setiap keluarga mampu membangun ketahanan keluarganya masing-masing, maka bisa tercipta kokohnya suatu negara yang bisa membangun kesejahteraan masyarakatnya di masa mendatang. “Untuk itu di momen ini kami ingin menjadi bagian penting agar para Ibu dan perempuan bisa terus belajar meng-upgrade diri guna membawa keluarga menjadi lebih terlindungi, lebih kuat dan lebih baik lagi di masa depan,” katanya.
Sebelumnya disebutkan, pelbagai
program untuk menguatkan ketahanan keluarga terus digencarkan Generali Indonesia melalui gerakan The Human Safety Net bersama Komunitas Ibu Profesional. Sejak aktif pada tahun 2018, gerakan The Human Safety Net Generali Indonesia telah memberikan dampak kepada lebih dari 15.000 anak dan orang tua yang terkait dengan kesehatan serta pendidikan karakter anak. Dan penguatan ketahanan keluarga, pemberian literasi finansial khususnya asuransi, dan persiapan perencanaan keuangan keluarga.

Program-program yang dijalankan ini sekaligus mendukung program pemerintah guna meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga yang holistik dan integratif sesuai siklus hidup, serta menguatkan pembentukan karakter di keluarga yang tercantum pada Arah Kebijakan dan Strategi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) 2020 – 2024.

Sementara itu Emma Ursich selaku Executive Officer of The Human Safety Net menambahkan, suatu kebanggaan gerakan The Human Safety Net terus bisa memberikan dampak ke semakin banyak masyarakat di pelbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Secara global, gerakan The Human Safety Net bertujuan untuk membuka potensi masyarakat sebesar-besarnya untuk menciptakan masa depan yang lebih aman dan berkelanjutan (sustain), sembari terus menginspirasi banyak orang untuk bisa terus membantu keluarga yang rentan (vulnerable families).

“Bersamaan dengan momen Hari Perempuan Internasional hari ini, kami berharap para Ibu dan perempuan bisa mengeluarkan potensi terbaik mereka untuk membawa keluarga siap menghadapi pelbagai tantangan dan risiko di masa depan,” harapnya.
Penyelenggaraaan The Human Safety Net Day 2024 ini disebutkan juga merupakan bagian dari sustainabililty Generali Indonesia dalam menerapkan prinsip Environmental, Social, Governance (ESG). Sekaligus dukungan terhadap program Sustainable Development Goals (SDGs) di bidang peningkatan kualitas pendidikan dan pemberdayaan perempuan. Selain itu, pelaksanaan program-program keberlanjutan ini juga menjadi bagian dari realisasi kewajiban perusahaan sesuai dengan POJK No.51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan, emiten, dan perusahaan publik. (*/bams)