Kesbangpol Mubar Minta Pemdes Jaga Kamtibmas

Kesbangpol Mubar Minta Pemdes Jaga Kamtibmas
Kepala Badan Kesbangpol Mubar, La Kiro

MUBAR – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara, La Kiro meminta kepada seluruh pemerintah desa (Pemdes) agar menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayahnya.

Ia berujar saat ini umat Islam sedang menjalankan ibadah Ramadan. Salah satu rangkaian ibadah Ramadan adalah melaksanakan shalat tarawih dan witir.

“Jadi kita harapkan kepada Pemdes agar pada bulan Ramadan ini Kamtibmas tetap terjaga dengan baik. Jangan sampai masih ada yang shalat tarawih ada yang ribut. Apalagi yang bersumber dari minuman keras,” jelas La Kiro saat ditemui diruang kerjanya, Selasa, (12/04/2022).

Kata dia, selain itu kalau ada tamu dari luar, Pemdes segera melaporkan kepada pihak kesbangpol. Baik itu keluarga ataupun orang yang belum diketahui identitasnya.

“Ditanya apa keperluannya? berapa hari dan sebagainnya,” singkatnya.

Lanjut La Kiro, Mubar ini merupakan daerah yang masyarakatnya heterogen. Dengan kondisi yang ada mari kita hidup saling menghargai, supaya tercipta kerukunan.

“Jaga kerukunan supaya stabilitas Kamtibmas tetap tercipta. Kalau kerjasama kita baik maka pemerintah daerah tidak susah menangani masalah-masalah yang terjadi di wilayah kita ini,” tuturnya.

La Kiro mengatakan bila ada masyarakat berselisih atau terjadi masalah lain, Pemdes harus melakukan langkah-langkah mediasi dengan melibatkan tokoh yang ada di desa.

“Kalau ada masalah dibicarakan dulu dengan orang tua di desa. Kita harus hargai orang tua jangan main hakim sendiri. Itu tidak boleh. Apalagi bermasalah dengan pemdes langsung segel kantor pemdes. Bermasalah dengan pemerintah kecamatan segel kantor kecamatan. Itu tidak boleh. Semua hal yang kita sampaikan kepada pemdes dan masyarakat muaranya satu yakni untuk terciptanya suasana damai di daerah kita ini,” tutupnya.

Penulis : La Ode Biku

error: