Portal DIY

Kereta Relasi Baru di Daop 6 Yogyakarta, Cek Berhenti di Stasiun Mana Saja

12
×

Kereta Relasi Baru di Daop 6 Yogyakarta, Cek Berhenti di Stasiun Mana Saja

Sebarkan artikel ini
Kereta Relasi Baru di Daop 6 Yogyakarta, Cek Berhenti di Stasiun Mana Saja

 

YOGYAKARTA – Seiring dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 mulai tanggal 1 Juni 2023 nantinya, Daop 6 Yogyakarta memiliki kereta api dengan relasi baru yaitu KA Manahan dan KA Banyubiru.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo mengatakan bahwa untuk tahap awal, kedua KA tersebut hanya dioperasikan pada akhir pekan.

“Adanya KA baru ini dapat menambah pilihan masyarakat dalam bepergian ke Jakarta dan Semarang. Ada beberapa stasiun pemberhentian yang tentunya akan bisa digunakan masyarakat untuk naik turun kedua KA tersebut,” kata Franoto, Senin (15/5/2023).

Rangkaian KA Manahan nantinya akan terdiri dari 8 kereta Eksekutif dengan kapasitas per kereta adalah 50 tempat duduk. Dalam satu harinya, KA Manahan akan berangkat sebanyak 2 kali, yaitu pukul 09.45-18.03 WIB (waktu tempuh 8 jam lebih 18 menit) dan 22.35-06.36 (waktu tempuh 8 jam lebih 1 menit) WIB.

KA Manahan dengan keberangkatan pagi akan berangkat dari Stasiun Solobalapan dan akan berhenti di beberapa stasiun seperti Klaten, Yogyakarta, Kutoarjo, Kroya, Purwokerto, Cirebon, Cikarang, dan Jatinegara sebelum berakhir di Stasiun Gambir.

KA Manahan dengan keberangkatan malam hari akan berangkat dari Stasiun Solobalapan dan berhenti di beberapa stasiun seperti Klaten, Yogyakarta, Kutoarjo, Kebumen, Kroya, Purwokerto, Cirebon, dan Jatinegara sebelum berakhir di Stasiun Gambir.

Untuk rangkaian KA Banyubiru terdiri dari 4 kereta Eksekutif dan kereta Ekonomi dengan kapasitas per kereta Eksekutif sebanyak 50 tempat duduk dan Ekonomi sebanyak 80 tempat duduk. Dalam satu harinya, KA Banyubiru akan berangkat sebanyak 2 kali, yaitu pukul 10.40-12.42 WIB (waktu tempuh 2 jam lebih 2 menit) dan 17.15-19.31 WIB (waktu tempuh 2 jam lebih 16 menit).

KA Banyubiru dengan keberangkatan siang akan berangkat dari Stasiun Solobalapan dan akan berhenti di beberapa stasiun seperti Salem, Gundih, dan Brumbung sebelum berakhir di Stasiun Semarangtawang.

KA Banyubiru dengan keberangkatan sore akan berangkat dari Stasiun Solobalapan dan akan berhenti di beberapa stasiun seperti Salem, Gundih, Padas, dan Brumbung sebelum berakhir di Stasiun Semarang Tawang. (bams)