Portal Jatim

Kerap Digunakan Balap Liar, Speedbump Dipasang di Alun-Alun Ponorogo

5
×

Kerap Digunakan Balap Liar, Speedbump Dipasang di Alun-Alun Ponorogo

Sebarkan artikel ini
Kerap Digunakan Balap Liar, Speedbump Dipasang di Alun-Alun Ponorogo
Nampak speedbump dipasang di jalan Alun-alun Ponorogo

PONOROGO – Lantaran sering digunakan menjadi arena balap liar, pun jalan mengitari alun-alun Ponorogo saat ini telah dipasangi speedbump.

Langkah sigap ini dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ponorogo, karena jalan tersebut kerap digunakan balap liar oleh para pemuda pada malam hari.

Scroll kebawah untuk lihat konten

“Iya sudah kita pasangi speedbump atau istilahnya ‘polisi tidur’. Hal ini juga adanya permohonan dari pihak Satlantas Polres Ponorogo,” ujar Kabid Lalu Lintas dan Sarana Prasarana Dishub Ponorogo, Ery Setyono Wibowo saat dikonfirmasi, Kamis (2/1/2023).

Dirinya menambahkan, pemasangan speedbump ini berdasarkan permintaan dari Satlantas Polres Ponorogo, mengingat lokasi tersebut kerap dijadikan balap liar pada malam hari, terutama saat malam Minggu.

“Tak hanya alun-alun saja, kemarin kita juga sudah memasang speedbump di ‘jalan baru’ atau jalan Suromenggolo,” bebernya.

Tentunya hal ini untuk menekan dan mengurangi potensi terjadinya balap liar yang dilakukan oleh para pemuda. Karena bagaimanapun juga, balap liar dapat membahayakan diri maupun pengguna jalan lain.

“Sebetulnya, pihak Satlantas Polres Ponorogo kerap melakukan razia. Namun tak membuat jera para balap liar yang dilakukan oleh mayoritas para remaja tersebut. Ya alternatifnya kita pasangi speedbump,” ungkapnya.

Pihaknya saat ini juga tengah melakukan kajian mana saja tempat yang perlu dipasangi speedbump. Hal ini juga berfungsi sebagai ‘pengingat’ bagi pengendara lain agar tak berkecepatan terlalu tinggi saat melintas.

“Rencananya (speedbump) akan dipasang di antara pertigaan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Gatotkaca. Serta perempatan antara Jalan Urip Sumoharjo dan Jalan Jawa,” tandasnya.

error: