Portal Jatim

Kembali ke Pesantren, 296 Santri Sumber Bunga Naik KL Bung Tomo dari Pelabuhan Sepudi ke Pelabuhan Jangkar

10
×

Kembali ke Pesantren, 296 Santri Sumber Bunga Naik KL Bung Tomo dari Pelabuhan Sepudi ke Pelabuhan Jangkar

Sebarkan artikel ini
Kembali ke Pesantren, 296 Santri Sumber Bunga Naik KL Bung Tomo dari Pelabuhan Sepudi ke Pelabuhan Jangkar
KL Bung Tomo milik Politeknik Pelayaran Surabaya, di dermaga Pelabuhan Jangkar Kabupaten Situbondo.

SITUBONDO. portal-indonesia.com – Kapal Latih (KL) Bung Tomo milik Politeknik Pelayaran Surabaya, kembali mengangkut penumpang dari Pelabuhan Sapudi Kepulauan Madura menuju Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Sabtu (6/5/2023).

Kali ini, KL Bung Tomo mengangkut penumpang sebanyak 296 orang santri berikut pengurus salah satu pondok pesantren (Ponpes) yang ada di Kabupaten Situbondo. Mereka adalah santri dan santriwati berikut pengurus Ponpes Sumber Bunga, Desa Seletreng, Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo.

Ketika tiba di dermaga Pelabuhan Jangkar dan turun dari KL Bung Tomo, penumpang para santri dan santriwati diberikan tali asih berupa sarung, Majalah Poltekpel Surabaya dan snack dari Kepala Syabandar Utama (KSU) Tanjung Perak Surabaya, Capten Heru Susanto dan Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya.

Kembali ke Pesantren, 296 Santri Sumber Bunga Naik KL Bung Tomo dari Pelabuhan Sepudi ke Pelabuhan Jangkar
Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya, Capten Heru Susanto.

Capten Heru Susanto Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya mengatakan, KL Bung Tomo sudah beberapa melayani penumpang mudik maupun balik mudik Lebaran tahun 2023 secara gratis rute Pelabuhan Jangkar Situbondo menuju Kepulauan Madura dan sebaliknya.

“KL Bung Tomo ini sudah 4 kali melayani penumpang mudik maupun balik mudik Lebaran tahun 2023 secara gratis rute Pelabuhan Jangkar Situbondo menuju Kepulauan Madura dan sebaliknya,” ungkap Capten Heru Susanto, didampingi Kepala KSOP Kelas IV Panarukan Herland Aprilyanto.

Capten Heru Susanto mengatakan, KL Bung Tomo ini merupakan trif terakhir mengangkut penumpang mudik dan balik Lebaran Tahun 2023.

“Hari ini, kapal bantuan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, KL Bung Tomo trif terakhir mengangakut penumpang santri balik ke pondok pesantrennya masing-masing,” ujar Capten Heru.

Bantuan kapal dari Kementerian Perhubungan RI yang mengangkutan mudik dan arus balik Idul Fitri tahun 2023 gratis ini, ditutup dengan kepulangan santri dan santriwati serta pengurus Ponpes Sumber Bunga Situbondo.

“Intinya hari ini, Kementerian Perhubungan RI sudah menyelesaikan tugasnya dengan mengirim kapal negara KL Bung Tomo milik Politeknik Pelayaran Surabaya, KN Bimasakti Utama dan KN Masalembo milik Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Tanjung Perak Surabaya dan satu kapal cadangan Sanus 115. Alhamdulillah, mudik dan arus balik mudik Lebaran Tahun 2023 yang menggunakan kapal bantuan dari Kementerian Perhubungan RI berlangsung lancar, aman dan berkesan,” terang Capten Heru.

Adapun jumlah penumpang santri dan masyarakat umum menggunakan kapal negara yang mudik dan arus balik mudik Lebaran Tahun 2023, mencapai ribuan orang.

“Sejak H-15 hingga H-1 Idul Fitri 2023, jumlah total penumpang yang naik turun di Pelabuhan Jangkar Kabupaten Situbondo sebanyak 10.659 orang atau penumpang. Penumpang naik dari Pelabuhan Jangkar sebanyak 9.565 orang atau penumpang. Sedangkan, penumpang yang turun di Pelabuhan Jangkar Situbondo sebanyak 1.094 orang atau penumpang,” ungkap Capten Heru Susanto Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya ini juga menjelaskan bahwa, santri dan santriwati saat berada di dalam KL Bung Tomo diajak melihat-lihat fasilitas atau keberadaan yang ada di KL Bung Tomo. “Para santri dan santriwati ketika kita ajak melihat fasilitas KL Bung Tomo merasa senang. Karena mereka bisa melihat langsung keberadaan dalam kapal dan fungsi fungsinya,” tutur Capten Heru.

Di atas KL Bung Tomo, seluruh santri dan pengurus Ponpes Sumber Bunga itu mendoakan agar Kementerian Perhubungan RI mendapat perlindungan dari Allah SWT dan terus memberikan pelayan yang terbaik kepada publik.

Selain itu, para santri juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan RI yang telah memberikan fasilitas kapal tambahan atau bantuan dalam mengangkut mudik dan balik lebaran tahun 2023 ini

“Alhamdulillah, Kementerian Perhubungan RI di doakan oleh santri diatas KL Bung Tomo, dan Alhamdulillah proses mudik dan balik lebaran tahun 2023 terselenggara dengan baik, aman, lancar dan tertib sesuai dengan moto, Mudik Aman, Nyaman dan Berkesan,” tuturnya.

Kembali ke Pesantren, 296 Santri Sumber Bunga Naik KL Bung Tomo dari Pelabuhan Sepudi ke Pelabuhan Jangkar

Terakhir, Capten Heru menyampaikan atas nama Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya, bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kepala KSOP Kelas IV Panarukan dan semua pihak yang terlibat pada angkutan lebaran 2023 transportasi laut. “Semoga tahun depan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia bisa memberikan pelayanan yang lebih baik terhadap masyarakat dan santri,” pungkas Capten Heru Susanto.(Via/Kim).