Portal Jateng

Kebumen Raih KaTa Kreatif dari Kemenparekraf

9
×

Kebumen Raih KaTa Kreatif dari Kemenparekraf

Sebarkan artikel ini
Kebumen Raih KaTa Kreatif dari Kemenparekraf

 

KEBUMEN – Kabupaten Kebumen telah ditetapkan menjadi Kabupaten Kreatif Indonesia tahun 2022. Penghargaan tersebut dianugerahkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno, Jumat (19/5/2023) malam.

Surat Keputusan Menparekraf dan Plakat penghargaan diberikan langsung oleh Menparekraf Sandiaga Uno kepada Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dalam kegiatan Semarak Jejakk (Jejaring Kabupaten/Kota ) Kreatif Indonesia di Kawasan Kota Lama Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah.

Tidak hanya Kebumen, ada delapan Kabupaten/Kota lain di Indonesia yang mendapat penghargaan KaTa Kreatif Indonesia. Kebumen sendiri mendapat penghargaan Kabupaten Kreatif Indonesia Sub Sektor Film animasi dan Video.

“Sebagai salah satu jejaring KaTa Kreatif Indonesia, saya kira dan harapan kita bersama ke depan Kabupaten Kebumen bisa naik kelas menjadi bagian dari UCCN (Unesco Creative Ceties Network),” ujar Sandiaga.

Sandiaga menjelaskan bahwa KaTa kreatif menjadi embrio awal dalam membentuk kota kreatif dunia, yang mampu membawa perubahan dan peningkatan sektor ekonomi kreatif ke kancah Internasional.

Menurutnya, Kemenparekraf ditunjuk oleh Komite Nasional Indonesia untuk Unesco (KNIU) ingin mendorong lagi lebih banyak kota-kota kita yang masuk creative cities of network. Tidak hanya Kebumen, dan kota-kota lain.

“Kebumen sudah resmi menjadi KaTa Kreatif Indonesia, dan saat ini satu-satunya di Jawa Tengah di jalur Sub Sektor Film Animasi dan video
Harapannya tentu dengan penghargaan ini di Kebumen lebih banyak lagi melahirkan kreator-kreator seni dalam dunia perfilman,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyatakan, dengan penghargaan ini menjadi bukti karya anak-anak muda Kebumen semakin dikenal dan diminati banyak orang. Hal ini ditandai semakin menjamurnya industri perfilman dan animasi di Kebumen.

“Seperti yang telah disampaikan Bapak Menteri Sandiaga Uno, Kebumen ini punya banyak sekali kreator-kreator film yang kerap memproduksi film-film pendek. Ini adalah bagian dari kreatifitas anak bangsa yang harus kita syukuri, dan alhamdulillah apa yang telah mereka buat bisa mengharumkan nama baik Kebumen,” terang Bupati.

Bahkan tutur Bupati, Kebumen rutin setiap tahun mengadakan Lawet Muda Film Festival. Perlombaan ini rutin diadakan untuk terus mencari dan mengasah kreatifitas anak-anak muda dalam membuat film-film pendek. Pesertanya juga banyak diikuti dari kabupaten luar.

“Harapannya dengan penghargaan ini bisa mendorong lebih banyak kreatifitas yang muncul dari masyarakat itu sendiri. Bukan hanya di dunia perfilman, tapi juga sub sektor lain, dan pengembangan wisatanya, industri UMKM dan lain sebagainnya,” tandas Bupati. (*/Mad)