PendidikanPortal Jatim

Keberhasilan SMK Negeri 1 Suboh, Cetak Siswa Siap Kerja, Lolos PTN dan Ukir Prestasi

51
×

Keberhasilan SMK Negeri 1 Suboh, Cetak Siswa Siap Kerja, Lolos PTN dan Ukir Prestasi

Sebarkan artikel ini
Keberhasilan SMK Negeri 1 Suboh, Cetak Siswa Siap Kerja, Lolos PTN dan Ukir Prestasi
SMK Negeri 1 Suboh

SITUBONDO – SMK Negeri 1 Suboh adalah sekolah kejuruan negeri, terletak di Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Sekolahan ini merupakan sekolah pilihan tepat bagi setiap anak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi setelah lulus sekolah tingkat pertama (SMP/MTs).

Dalam perkembangannya, sekolah yang berdiri tahun 2003 ini telah banyak prestasi yang diraih siswanya baik di tingkat provinsi, nasional hingga tingkat internasional.

Sedangkan para lulusan SMK Negeri 1 Suboh ada yang memutuskan untuk berwirausaha dan meniti kesuksesannya, serta ada yang langsung diterima kerja di berbagai perusahaan, baik skala regional maupun nasional.

Disamping itu, para lulusan SMK Negeri 1 Suboh, setiap tahunnya mampu menembus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) baik tanpa melalui test dan melalui test. Hal ini membuktikan para lulusan SMK Negeri 1 Suboh memiliki daya saing luar biasa dengan SMA/MA untuk menembus PTN.

Belum lama ini, lulusan SMK Negeri 1 Suboh mampu menembus sejumlah PTN tanpa melalui test.

“Lulusan SMK Negeri 1 Suboh setiap tahunnya mampu menembus sejumlah PTN, tahun ini ada 9 lulusan yang lolos dan diterima di sejumlah PTN tanpa melalui test yakni lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP),” ungkap Irna Hidayati, S.S, Koordinator BK (bimbingan konseling) SMK Negeri 1 Suboh, Sabtu 27 Mei 2023.

Irna menjelaskan, kesembilan lulusan SMK Negeri Suboh yang lolos diterima di PTN lewat jalur SNBP, yakni Ela Savila Putri di Politeknik Negeri Malang, Ana Rosalia di Politeknik Negeri Jember, Moch Abilail F. H di Politeknik Negeri Jember, Muhammad Hanip di Politeknik Negeri Jember, Abdul Muhid di Politeknik Negeri Jember, Septia Ningsih di Politeknik Negeri Jember, Ahmad Gilang RAG di Universitas Negeri Malang, Dewi Afidatul J di Politeknik Negeri Jember, dan Abdillah Ayyubi di Politeknik Jember.

“Alhamdulillah tujuh siswa kami diterima di Politeknik Negeri Jember, satu siswa di Politeknik Negeri Malang, dan satu siswa di Universitas Negeri Malang,” ucap Irna. 

Keberhasilan SMK Negeri 1 Suboh, Cetak Siswa Siap Kerja, Lolos PTN dan Ukir Prestasi

Sementara itu, Kepala SMK Negeri Suboh Asim SPd mengatakan, melalui tim bimbingan konseling (BK), SMK Negeri Suboh konsisten mendampingi siswa-siswi dalam menentutkan minat karir pascalulus. “Dalam hal ini, tim BK mendampingi para siswa, apakah langsung bekerja atau melanjutkan kuliah,” tuturnya.

Kepala SMK Negeri 1 Suboh asal Tapen Kabupaten Bondowoso ini menyemangati para anak didiknya untuk optimis menembus PTN lewat jalur selain prestasi.

“Masa depan cerah menanti, ayo terus semangat dan berprestasi,” ucap Asim ditujukan kepada anak didiknya. 

Keberhasilan SMK Negeri 1 Suboh, Cetak Siswa Siap Kerja, Lolos PTN dan Ukir Prestasi

Selain sukses mencetak lulusan siap kerja dan mengantarkan banyak siswanya masuk PTN. Siswa-siswinya juga mengukir banyak prestasi di bidang kejuaraan. Diantaranya, Ela Savila Putri meraih Juara 1 se-Jawa Timur dan Bali dalam ajang Olimpiade Bahasa Indonesia yang digelar Universitas Jember tahun 2021.

Di tahun yang sama, Fairozi Roihanun Najih bersama Triara Putri Handini dan Husnul Hotimah meraih Juara Kategori Terkolaboratif tingkat Nasional yang digelar Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kemudian di tahun 2022, Sifatul Hasanah, Triara Putri Handini, dan Husnul Hotimah meraih Juara 1 dalam ajang Accounting Competition (Youth Accounting Championship Battle and Competition) yang digelar Ikatan Akuntan Indonesia Wilayah Jawa Timur.

Terbaru, siswa SMK Negeri 1 Suboh yang bernama M. Wildan Afina meraih juara 1 Bidang Motorcycle and Repair dalam ajang LKS Tingkat MKKS Wilker 2 Provinsi Jawa Timur.

Keberhasilan SMK Negeri 1 Suboh, Cetak Siswa Siap Kerja, Lolos PTN dan Ukir Prestasi

Selanjutnya, Tim Futsal Semakins meraih Juara 1 dalam event olahraga futsal dalam ajang Bhineka Tunggal Ika Fourfeo Futsal di Kabupaten Situbondo.

Siswa SMK Negeri 1 Suboh berikutnya yang telah mengukir prestasi adalah Ahmad Muzammil. Siswa jurusan TBSM ini lolos 4 besar bidang Mechanical Skill Contest For Vocational School 2023 yang akan mewakili Dealer MPM/SMK TBSM Astra Honda Jawa Timur ke Tingkat Nasional.

Prestasi selanjutnya diraih oleh Izzatul Kamila dalam National English & Science Olympic (NESO). Izzatul meraih Golden Winner tingkat Jawa Timur.

Selain itu, masih ada sejumlah prestasi lainnya yang telah diraih siswa SMK Negeri 1 Suboh.