Hukum & KriminalPortal Jatim

Kasus Pencurian Uang dan Rokok di Toko Alfamart di Sidoarjo Terkuak

428
×

Kasus Pencurian Uang dan Rokok di Toko Alfamart di Sidoarjo Terkuak

Sebarkan artikel ini
Kasus Pencurian Uang dan Rokok di Toko Alfamart di Sidoarjo Terkuak
Press Rilis Kasus Pencurian Uang dan Rokok di Toko Alfamart di Sidoarjo

SIDOARJO – Tindak pidana pencurian dengan pemberatan terjadi pada Senin (25/3/2024) dini hari, pukul 02.00 WIB di Toko Alfamart yang berlokasi di Jalan Sekelor Utara, Watutulis, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo. Pasca peristiwa ini, dua orang tersangka berhasil diamankan oleh pihak kepolisian.

Pelaku utama, AW (54) yang berasal dari Kelurahan Purworejo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, bersama dengan rekannya, SM, dituding melakukan perusakan brankas dan pencurian uang serta rokok. Mereka berdua bersama pelaku lainnya, M (30) asal Wonogiri, dan AW (40) asal Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo, serta HHS (42) asal Pegirian, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya, melancarkan aksinya.

Dalam modus operandi yang digunakan, para pelaku membobol tembok sebagai akses masuk ke dalam toko sebelum merusak brankas untuk mengambil uang tunai dan rokok.

Berdasarkan keterangan Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol. Christian Tobing, para pelaku juga dibantu oleh salah satu pelaku yang bertugas mengawasi sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP) saat AW dan SM beraksi.

Pihak kepolisian berhasil menyita sejumlah barang bukti, termasuk 1 unit motor Vario warna hitam nopol AE 3661OW, 1 unit motor Scoopy warna putih, serta berbagai alat untuk kegiatan pencurian seperti betel, gergaji besi, bor tangan, kunci pas, kunci inggris, palu, dan obeng. Uang tunai sebesar Rp. 2.270.000,- beserta 209 pak rokok dari berbagai merek juga turut diamankan, Paparnya

Tobing menambahkan dari hasil penyelidikan, para pelaku juga terlibat dalam serangkaian pencurian sebelumnya di beberapa toko swalayan di wilayah Sidoarjo.

Tobing mengungkapkan bahwa total kerugian materiil yang dialami oleh Toko Alfamart akibat aksi para pelaku mencapai Rp. 44.064.187,-.

Pelaku utama, AW, diketahui merupakan residivis yang sebelumnya sudah dua kali dipidana dalam kasus pencurian dengan modus yang sama. Pada tahun 2016, ia ditangkap oleh Polres Sukoharjo karena melakukan pencurian dengan modus bobol rumah kosong dan divonis 8 bulan penjara. Sementara pada tahun 2022, ia kembali diamankan dalam kasus serupa di Alfamart.