Portal DIY

Kasus Kecelakaan Lalin di DIY Meningkat

944
×

Kasus Kecelakaan Lalin di DIY Meningkat

Sebarkan artikel ini
Kasus Kecelakaan Lalin di DIY Meningkat
Polda melaksanakan analisa dan evaluasi (Anev)

YOGYAKARTA – Polda DIY melaksanakan analisa dan evaluasi (Anev) pelaksanaan operasi yang telah dilakukan selama sepekan terakhir. Anev yang dilaksanakan di Mapolda pada hari Jumat (11/3/2024) ini untuk mengetahui seberapa efektif dan efisiennya kegiatan Operasi Keselamatan Progo-2024 yang dilakukan.

Menurut Kabidhumas Polda DIY Kombes Pol Nugroho Arianto, S.I.K., M.H. hasil anev mingguan pelaksanaan operasi keselamatan Progo tersebut menunjukan bahwa kasus kecelakaan lalu lintas di DIY mengalami kenaikan bila dibandingkan tahun lalu.

“Berdasarkan laporan dari petugas anev, pelaksanaan selama 7 hari Operasi Keselamatan Progo-2024 menunjukan tren kenaikan dibanding tahun lalu. Seperti angka kecelakaan, berdasarkan data mingguan pada Tahun 2023 terjadi 43 kejadian. Sedangkan pada tahun ini naik menjadi 121 kejadian. Kemudian angka penilangan pada tahun lalu ada 786 kali, sedangkan ditahun ini petugas telah melakukan 2.046 penilangan. Sementara itu, angka teguran tahun lalu sejumlah 13.356 teguran, sedangkan tahun ini turun menjadi 7.976 teguran”, ungkap Nugroho.

Kombes Pol Nugroho menambahkan bahwa penambahan angka laka lantas tersebut berdasarkan analisa mayoritas terjadi ditingkat mahasiswa.

“Kenaikan angka kecelakaan yang saya sebutkan tadi, berdasarkan anatomi anev laka lantas, yang terlibat kecelakaan ini jumlah terbanyak dialami mahasiswa. Oleh karna itu kami menghimbau untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas, gunakan jalur sesuai peruntukannya dan jangan melawan arus. Karena hal tersebut sangat berpotensi menimbulkan kecelakaan”, ucap Nugroho. (Brd)