Hukum & KriminalPortal Sumsel

Kasus Curas, Pemuda Pengangguran Ini Ditangkap Tim Beruang Hitam Polres Pali

9
×

Kasus Curas, Pemuda Pengangguran Ini Ditangkap Tim Beruang Hitam Polres Pali

Sebarkan artikel ini
Kasus Curas, Pemuda Pengangguran Ini Ditangkap Tim Beruang Hitam Polres Pali
Tersangka AB bin WR

PALI SUMSEL portal-indonesia.com – Akibat perbuatannya melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan, AB bin WR, warga Dusun IV Desa Air Itam, Kecamatan Penukal, Kabupaten Pali, harus berurusan dengan hukum. Pemuda pengangguran berusia 19 tahun ini telah ditangkap Team Opnal Beruang Hitam Satreskrim Polres Pali, Jumat (28/4/2023).

“Penangkapan berdasarkan Laporan Polisi LP/B-44/III/2023/SPKT/POLRES PALI/POLDA SUMSEL, tanggal 27 Maret 2023, atas kasus dugaan tindak pidana pencurian dengan kekerasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 365 Ayat (1) KUHP,” ujar AKBP Khairu Nasrudin.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Polres Pali ini mengatakan, bahwa TKP dalam kasus ini di rumah korban (pelapor).

“Untuk kejadiannya sendiri yaitu pada hari Minggu tanggal 19 Februari 2023 sekira pukul 04.00 WIB,” ungkap Kapolres Pali AKBP Khairu Nasrudin.

Sebelumnya, Polres Pali menerima laporan dari korban IM Binti BR (49), warga Dusun IV Desa Air Itam, Kecamatan Penukal, Kabupaten Pali, pada tanggal 27 Maret 2023 lalu.

Setelah menerima laporan dari korban IM, Kapolres Pali AKBP Khairu Nasrudin, S.I.K., M.H langsung memerintah Kasat Reskrim Polres Pali IPTU Yudhistira S.Tr.K bersama Kanit Pidum IPDA M.Yusuf Aprian, S.Tr.K untuk melakukan penyelidikan.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Tim Opsnal Beruang Hitam Satreskrim Polres Pali langsung melakukan penyelidikan sesuai perintah Kapolres Pali.

Setelah menghimpun keterangan dari para saksi dan mengumpulkan bukti-bukti, Tim Opsnal Beruang Hitam Satreskrim Polres Pali mencari keberadaan terduga pelaku yang namanya sudah dikantongi.

Alhasil, Tim Opsnal Beruang Hitam Polres Pali mendapat informasi bahwa tersangka AB berada di rumah orangtuanya di Dusun IV Desa Air Itam, Kecamatan Penukal, Kabupaten Pali.

“Saya bersama Tim Opsnal Beruang Hitam Satreskrim Polres Pali menuju Ke TKP, kemudian kami lakukan penangkapan terhadap tersangka di rumah orangtuanya pada Jumat (28/4/2023) dini hari tadi sekira pukul 01.00 WIB,” ungkap IPDA M.Yusuf Aprian.

IPDA M.Yusuf Aprian menyampaikan bahwa, berdasarkan keterangan tersangka, tersangka mengakui telah melakukan pencurian dengan kekerasan tersebut.

“Tersangka sudah diamankan di Mapolres Pali guna penyidikan lebih lanjut,” ungkap Kanit Pidum Polres Pali Polda Sumsel ini.

Dalam aksinya, pelaku AB mencoba masuk dari pintu dapur milik korban (pelapor) dengan cara mencongkel dan merusak engsel penyangga besi sebagai pengunci pintu.

Setelah berhasil masuk ke dalam rumah korban, pelaku menuju ruangan tengah rumah tersebut.

Setelah berhasil masuk ke ruangan tengah rumah pelapor, pelaku langsung mengambil 1 (Satu) unit handphone yang berada di bawah rak TV milik korban.

Selain satu unit handphone merk Nokia warna Hitam dengan nomor IMEI 1 : 358978093644909 dan nomor IMEI 2 : 358978093694904, pelaku juga mengambil uang sebesar Rp500.000 (lima ratus ribu rupiah) yang berada dibawah wadah makan diatas meja.

Pada saat bersamaan, korban terbangun ingin membuang air besar dan melihat Tersangka AB sedang melakukan pencurian di rumahnya.

Ketika korban ingin berteriak minta tolong, tersangka langsung menerjang korban dengan menggunakan kaki kanannya.

Terjangan kaki kanan tersangka mengenai dada korban sebanyak 1 kali.

Kemudian tersangka mengancam korban dengan mengatakan jangan berteriak.

Setelah itu tersangka berusaha keluar dengan menerjang pintu depan rumah korban.

Ketika korban berteriak minta tolong, pelaku kembali menghampiri dan menerjang korban dengan menggunakan kaki kanannya.

Dalam terjangannya kali ini, pelaku menendang ke bagian dada korban sebanyak 2 kali. Setelah itu barulah tersangka melarikan diri.

“Akibat dari kejadian itu, korban mengalami kerugian materil dan mengalami sesak nafas, lalu korban melaporkannya ke Polres Pali,”ungkap AKP Robby mewakili Kapolres Pali.(Lidian Heri)