Portal Sumsel

Karhutbunlah di Desa Tanjung Pasir, Personil Polsek Pemulutan Datangi TKP Titik Hotspot

13
×

Karhutbunlah di Desa Tanjung Pasir, Personil Polsek Pemulutan Datangi TKP Titik Hotspot

Sebarkan artikel ini
Karhutbunlah di Desa Tanjung Pasir, Personil Polsek Pemulutan Datangi TKP Titik Hotspot

 

PALEMBANG — Dari informasi pantauan CAS BNPB, personil Polsek Pemulutan bersama dengan Manggala Agni mendatangi TKP titik Hotspot. Di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Jumat (26/5/2023) sekitar pukul 14.45 WIB.

Alhasil ditemukan titik Hotspot Kebakaran Hutan, Kebun, dan Lahan (karhutbunlah) yang merupakan terbakarnya vegetasi berupa pohon dan ranting dari orang yang membuka lahan.

“Dari hasil informasi kita terima bahwa ditemukan beberapa orang yang sedang berusaha memadamkan api tersebut, yang kemudian dibantu oleh Personil Polsek pemulutan dan Team Manggala Agni, untuk memadamkan titik api tersebut dengan alat manual/alat seadanya,” ujar Kapolda Sumsel, Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo SIK melalui Kabid Humas, Kombes Pol Drs Supriadi, Sabtu (27/5/2023).

Setelah api padam, salah satu orang yang ikut memadamkan api, Said Salim (47) warga Dusun II, Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten OI, dibawa ke Kantor Polsek pemulutan untuk dimintai keterangan.

“Untuk sementara saudara Said statusnya yang kita terima dari laporkan merupakan saksi,” terang Alumni Akpol 91.

Dari keterangan saksi Said bahwa lahan yang terbakar bukan miliknya, lahan tersebut adalah milik orang lain yang bernama Muchin warga Bangka Belitung, dan saksi bertugas sebagai penjaga lahan dan dipekerjakan untuk membuka lahan.

Yang mana, pada saat kejadian kebakaran tersebut, saksi hendak mengantarkan makanan kepada operator excavator (alat berat), namun pada saat itu juga saksi melihat dari kejauhan ada 2 orang yang sedang membakar tumpukan pohon dan ranting yang sudah dibuka lahannya.

Kemudian, saksi bersama anak dan istrinya mengejar kedua orang tersebut, namun orang itu berhasil kabur. Yang kemudian, saksi dan anak istrinya berusaha memadamkan api namun api sudah membesar, dan sampai rombongan Polsek Pemulutan dan Manggala Agni datang membantu, baru api bisa padam.

“Anggota kita, dalam hal ini Polsek Pemulutan masih standby di lokasi titik hotspot karhutbunlah, untuk mengantisipasi sisa-sisa titik api yang sudah padam,” tandasnya. (Hadi ST)