Portal Jatim

Kapolda Jatim Takziah ke Kediaman Anggota KPPS yang meninggal

122
×

Kapolda Jatim Takziah ke Kediaman Anggota KPPS yang meninggal

Sebarkan artikel ini
Kapolda Jatim Takziah ke Kediaman Anggota KPPS yang meninggal
Kapolda Jatim Takziah ke kediaman Anggota KPPS yang meninggal

SIDOARJO — Sejumlah anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), di sejumlah daerah mengalami sakit akibat kelelahan setelah mengikuti seluruh rangkaian tahapan Pemilu 2024, mulai dari pemungutan suara hingga penghitungan tingkat Kecamatan.

Di Kabupaten Sidoarjo seorang petugas KPPS, yakni Sutony, 64 tahun, dari Lebo, Sidoarjo meninggal dunia akibat kelelahan hingga sakit. Ia sebelumnya masih melakukan rekapitulasi penghitungan surat suara Desa Lebo di kantor Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Namun saat itu kondisinya terlihat pucat karena kelelahan, Sutoni beristirahat sejenak. Saat beristirahat itu, Sutony sempat muntah-muntah.

Setelah dibawa pulang oleh pihak keluarga, kondisi Sutony semakin menurun lalu dibawa ke rumah sakit. Setelah sempat dirawat tim medis, ia akhirnya meninggal dunia.

Jatuhnya korban anggota KPPS dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 tersebut, mengundang kepedulian pemerintah daerah hingga provinsi. Senin (26/2/2024), Kapolda Jawa Timur Irjen. Pol. Imam Sugianto didampingi Forkopimda Kabupaten Sidoarjo dan Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo mendatangi keluarga Almarhum Sutony.

“Kami turut berduka cita atas gugurnya Bapak Sutoni, sebagai petugas KPPS Pemilu 2024. Apresiasi besar kami terhadap para anggota KPPS, termasuk yang mengalami sakit bahkan sampai ada yang meninggal dunia sebagai bukti dedikasi dalam bekerja tanpa mengenal lelah untuk kepentingan bangsa,” jelasnya.

Dalam kunjungan takziyah ke rumah duka Almarhum Sutony, Kapolda Jatim Irjen. Pol. Imam Sugianto dan Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol. Christian Tobing juga memberikan tali asih kepada keluarga almarhum. “Semoga amal ibadah dan perjuangan Bapak Sutoni diterima Allah, dan keluarga diberi ketabahan serta kekuatan lahir batin,” ucap Irjen. Pol. Imam Sugianto.

Ketua KPU Sidoarjo Muhammad Iskak mengatakan ” semua ini akan menjadi evaluasi kita bersama sama, untuk melaksanakan dan pemilu selanjutnya,hari ini kedatangan Kapolda ingin menumbuhkan semangat bagi kita keberulan beliau hari ini di unjukkan dengan hadir di rumah duka dan kami sampaikan terima kasih pada beliau dan tentu di jajaran KPU selaku penyelenggara ini akan menjadi evaluasi untuk kedepanya ” ungkapnya

” tentu kami juga menyampaikanvterkait yang terjadi di kabupaten Sidoarjo kepemimpinan kami melalui KPU Provinsi terkait dengan yang terjadi dengan keoemimpinan kami, insyaaallah ke depan kita akan melakukan penataan kembali” ucapnya.

Sedangkan di Sidoarjo yang meninggal ada satu Bapak Sutoni dan yang anggota KPPS yang lain ada yang sakit tapi sakit biasa dan sudah ditangani di Rumah sakit maupun dirumah dan sudah terkondisikan dan semua sudah mendapatkan haknya selaku penyelenggara yang sakit maupun meninggal

Bupati Sidoarjo sudah betul betul mengerahkan tenaga medis dalam naungan Dinas kesehatan yang sudah kita kolaborasikan dengan dinas kesehatan baik dari Polri maupun TNI dan mudah mudahan itu bisa bekerjasama untuk mengantisipasi kedepan , pemeriksaan kesehatan itu yang penting” pungkasnya.