KAI Bagikan Takjil Gratis untuk Penumpang KA Jarak Jauh

KAI Bagikan Takjil Gratis untuk Penumpang KA Jarak Jauh
Calon penumpang KA saat menerima takjil gratis (Ist)

YOGYAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) bagi-bagi takjil untuk pengguna kereta api jarak jauh. Takjil gratis dibagikan kepada pelanggan yang telah melakukan boarding pada pukul 17.00 WIB atau satu jam sebelum waktu berbuka puasa.

Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto menjelaskan pemberian takjil  bagi pengguna KA jarak jauh dilakukan saat calon penumpang memasuki pintu masuk atau sedang menunggu keberangkatan kereta.  “Takjil gratis dibagikan kepada pelanggan yang telah boarding, satu jam sebelum berbuka puasa. Selama 10 hari terakhir Ramadan, mulai  22 April sampai 1 Mei 2022,” kata Supriyanto mengutip VP Public Relations KAI Joni Martinus di Stasiun Tugu Yogyakarta, Minggu (24/4/2022).

Setiap penumpang mendapatkan paket takjil berisikan roti, air mineral, dan kurma yang dapat dimanfaatkan untuk berbuka.  Menurutnya total takjil yang dibagikan ada sebanyak 34.400 paket. Itu disebar di 21 stasiun, yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang dan Semarang Poncol. Selain itu juga dibagikan di Stasiun Purwokerto, Kutoarjo, Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Purwosari dan Madiun. Serta Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang, Jember, Medan dan Kertapati.

Program pemberian takjil gratis ini, menurutnya rutin dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KA jarak jauh selama masa angkutan Lebaran. “Dengan adanya takjil gratis ini, pelanggan tidak perlu repot menyiapkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa saat berada di stasiun,” harap Supriyanto.

Dipesankan bagi pelanggan untuk tetap menerapakan protokol kesehatan. Dengan segera memakai masker kembali setelah selesai makan dan minum. Ini karena KAI konsisten menegakkan prokes sesuai aturan pemerintah. Untuk menjadikan perjalanan mudik dan balik menggunakan kereta api yang selamat, nyaman dan sehat.

Diharapkan pula dengan adanya program  takjil gratis ini  semakin banyak masyarakat yang menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan di masa angkutan Lebaran.

KAI Daop 6 Yogyakarta mencatat pada keberangkatan H-9 Lebaran atau Sabtu (23/4) ada  8.594 penumpang turun dan 8.842 penumpang naik di wilayah Daop 6.

Secara umum sampai  24 April, untuk periode keberangkatan 22 April  sampai 13 Mei, KAI Daop 6 telah menjual 182.669 tiket atau 64 % dari total program volume penumpang angkutan Lebaran sebanyak 282.926.

KAI mengajak masyarakat dapat segera mudik menggunakan kereta api untuk mengurangi kepadatan menjelang hari Lebaran. Hal tersebut sesuai anjuran Presiden RI Joko Widodo yang meminta masyarakat  mudik lebih awal dan menggunakan angkutan kereta api. (bams)

error: