KAHMI Preneur Kirim Relawan dan Bantuan Sosial untuk Korban Erupsi Semeru

KAHMI Preneur Kirim Relawan dan Bantuan Sosial untuk Korban Erupsi Semeru

PORTALINDONESIA | LUMAJANG – Musibah yang menimpa masyarakat Kabupaten Lumajang yang terdampak erupsi gunung semeru menarik simpati dari berbagai pihak. Tak terkecuali dari Korps Alumni Himpunan Mahamasiswa Islam (KAHMI) Prenuer.

Founder Kahmiprenuer pusat, H. Kamrussamad yang kini menjabat sebagai anggota DPR-RI Komisi XI mengirim bantuan logistik serta sejumlah relawan dalam misi kemanusiaan tersebut pada Jumat 17 Desember kemarin.

Salah-satu relawan utusan Kahmiprenuer, Ali Hasan Mun’im, mengatakan, kedatangannya di Lumajang diawali dengan pemberian bantuan secara simbolis melalui MD-KAHMI Lumajang di Graha KAHMI yang diwakili M. Ridhol Mujib. Sekaligus berkoordinasi dengan relawan Indonesia care sebelum berangkat lokasi pengungsian warga.

“Dari survey yang dilakukan, bantuan banyak yang menumpuk di lokasi yang dekat dengan erupsi daripada di daerah pinggiran yang jauh dari lokasi, makanya kami berkolaborasi dengan relawan Indonesia Care,” ungkapnya.

Saat tiba di posko pengungsian di Desa Tompokersan, memberikan trauma healing menjadi agenda pertama untuk menguatkan psikologis warga, mengurangi rasa jenuh yang dirasakan selama mengungsi. Terutama pada anak-anak dan perempuan.

“Giat untuk anak diawali dengan bernyanyi, mengekspresikan rasa dengan menggambar bebas, game mendidik, berbagi susu untuk vitamin, boneka, selimut mainan dan donasi uang untuk sarana meredam rasa kurang nyaman selama di pengungsian,” terang relawan Kahmiprenuer dari Kabupaten Bondowoso itu.

Ali Hasan menyampaikan, untuk sementara kebutuhan pokok di pengungsian sangat cukup karena logistik terus berdatangan berkat kepedulian pemerintah dan masyarakat dari berbagai kalangan

Menurutnya, Beberapa kebutuhan pengungsi yang belum dapat dipenuhi adalah kebutuhan tempat tinggal yang nyaman dan aman. Sebab, mayoritas anak-anak masih trauma jika jika sewaktu-waktu mati listrik. Anak-anak menjerit menangis seakan masih berada di guguran abu vulkanik karena kondisi yang gelap gulita.

“Selain itu untuk penyaluran kebutuhan psikologis selama 2 minggu lebih, kebutuhan bekerja mendapatkan nafkah lahir,” tambahnya.

Usai memberikan trauma healing dan mengulik informasi kebutuhan warga, para relawan kemudian menyerahkan sembako termasuk susu, selimut, boneka dan alat tulis kepada anak-anak agar tetap bisa belajar.

Tak hanya itu, Kahmiprenuer juga memberikan mitigasi spiritual melalui doa bersama agar erupsi segera berakhir dan kehidupan warga dapat berjalan normal kembali.

“Usai itu kita kembali ke Graha KAHMI untuk membahas lokasi tujuan esok hari dan prepare kebutuhan,” pungkas Ali.

Turut hadir ke tengah-tengah pengungsi diantaranya: Fatih A’isyah Direktur KAHMIPreneur Lumajang, M. Ridhol Mujib Wakil MD Kahmi Lumajang, Sulis Rokhmatin Forhati Lumajang, Angelia Relawan dari UIN Jakarta, Adi Relawan Indonesia Care dari Aceh, Rizqi dan April Relawan Indonesia Care Ciputat, serta Khamidatun Nisa aktivis sosial pendidikan Lumajang. (sb)

 

 

error: