Portal Jatim

Kadindik Sidoarjo : Relokasi SMP Negeri 2 Tanggulangin merupakan program jangka panjang

27
×

Kadindik Sidoarjo : Relokasi SMP Negeri 2 Tanggulangin merupakan program jangka panjang

Sebarkan artikel ini
Kadindik Sidoarjo : Relokasi SMP Negeri 2 Tanggulangin merupakan program jangka panjang

SIDOARJO — Pemerintah Kabupaten Sidoarjo segera merelokasi SMP 2 Tanggulangin yang ada di Desa Kedungbanteng. Kecamatan Tanggulangin yang setiap tahunya menjadi langganan banjir

Dengan adanya kejadian tersebut, Sekretaris Komisi D DPRD Sidoarjo Bangun Winarso, mengatakan bahwa Dinas P dan K Sidoarjo harus segera menyelesaikan kajian atau feasibility study (FS) agar anggaran pembangunan gedung SMP Negeri 2 Tanggulangin bisa disiapkan pada tahun anggaran 2025 nanti.

Action kita harus cepat. Ada dua sekolah dasar dan satu SMP yang perlu direlokasi,” kata Bangun Winarso, pada Rabu, (21/2/2024).

Untuk mempercepat realisasinya relokasi SMP Negeri 2 Tanggulangin, Dinas P dan K Sidoarjo dapat melibatkan pihak ketiga dalam melakukan Fiasibility Study (FS) apabila keterbatasan tenaga ahli.

Pernyataan Bangun Winarso tersebut dikuatkan oleh Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo, Abdillah Nasih bahwa persoalan SMP Negeri 2 Tanggulangin yang menjadi langganan banjir ketika musim hujan dan rencana adanya relokasi sudah sering dibahas.

Maka dari itu, Komisi D DPRD Sidoarjo mendorong serta merekomendasikan penyelesaian yang serius dan tepat untuk SMP Negeri 2 Tanggulangin kepada Pemkab Sidoarjo.

“Setiap tahun diharapkan ada progres yang jelas, jika memang berniat merelokasi SMP Negeri 2 Tanggulangin sebagai solusi jangka panjang. Harus serius,” tegasnya.

Dinas P dan K Sidoarjo harus menuntaskan kajian atau FS nya tentang lokasi baru yang akan dipergunakan sebagai tempat berdirinya gedung SMP Negeri 2 Tanggulangin. Dinas P dan K Sidoarjo juga harus melakukan komunikasi secara baik dengan stakeholders terkait, baik itu wali murid, komite sekolah dan masyarakat sekitarnya.

Kepala dinas Pendidikan Sidoarjo Dr.Tirto Adi, M.Pd saat ditemui terpisah di kantornya Jumat (23/02/2024) mengatakan” penanganan yang sudah kita lakukan yakni memberikan bantuan berupa sepatu boot kepada pihak Sekolah sehingga proses belajar masih bisa berjalan ‘ ucapnya.

Pihaknya akan siap menjalankan relokasi SMPN 2 Tanggulangin tersebut, di mana merupakan kebijakan jangka panjang .

Tirto menambahkan ” sedangkan untuk solusi jangka pendek yang sudah kita lakukan dengan melakukan peninggian ruang kelas , karena ada beberapa ruang kelas yang tergenang ” imbuhnya.

Di singgung terkait anggaran Tirto menyebut jika anggaran yang akan di gelontorkan sejumlah 1,72 M sehingga pada tahun 2025 tingggal mengalokasikan anggaran dan pembangunan fisiknya.