Portal Sumsel

Kades Tebing Abang Diduga Langgar Aturan Saat Lantik Kadus 2 dan Kasi Pemerintahan

184
×

Kades Tebing Abang Diduga Langgar Aturan Saat Lantik Kadus 2 dan Kasi Pemerintahan

Sebarkan artikel ini
Kades Tebing Abang Diduga Langgar Aturan Saat Lantik Kadus 2 dan Kasi Pemerintahan

 

BANYUASIN — Terkait tidak disebutkan dua jabatan perangkat desa oleh Kepala Desa Tebing Abang saat melantik beberapa perangkatnya beberapa waktu lalu, yang diduga dua posisi jabatan yakni Kasi Pemerintahan dan Kadus 2 Desa Tebing Abang melanggar aturan dibenarkan oleh ketua BPD Desa setempat, Aan Sudiar.

Pernyataan ini disampaikannya saat dibincangi awak media pada Senin (18/03/2024)lalu.

Menurut Aan pembentukan perangkat oleh kepala desa ini sudah melalui musyawarah yang di laksanakan beberapa waktu lalu di kediaman pribadi kepala desa yang beralamat di Dusun 1 Desa Tebing Abang.

“Masalah penetapan perangkat, kepala desa sudah melakukan musyawarah di rumah pribadinya, disitu dihadiri oleh tokoh masyarakat dusun 1.” jelas Aan.

Lanjutnya, Kemudian hasil musyawarah di usulkan kepada pihak Kecamatan dan DPMD Kabupaten Banyuasin, yang artinya bola Panasnya mati di pihak Kecamatan dan DPMD, terang Aan

Ketua BPD Tebing Abang Aan Sudiar juga mengatakan bahwa dalam pengangkatan perangkat oleh Kepala Desa tersebut memang ada yang melanggar aturan.

Kades Tebing Abang Diduga Langgar Aturan Saat Lantik Kadus 2 dan Kasi Pemerintahan

“Memang dalam penetapan Perangkat Desa tersebut ada yang melanggar aturan, seperti penetapan Kasi Pemerintahan dan Kadus 2 Desa Tebing Abang”.ungkap nya.

Sementara itu Camat Rantau Bayur Syaiful Azwar S.Sos MSi saat dibincangi di ruangan kerjanya terkait hal tersebut mengatakan bahwa apa yang disampaikan oleh ketua BPD tentang bola panas mati di tangan Kecamatan dan DPMD Kabupaten Banyuasin tersebut tidaklah benar.

Menurut Camat bahwa pihaknya sudah memberikan acuan kepada kepala desa untuk pengangkatan perangkat sesuai aturan yang ada.

“Apa yang disampaikan oleh ketua BPD Tebing Abang itu tidak benar, perlu kita ketahui bahwa tugas BPD menyetujui usulan kepala desa tentang pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa. Selaku Camat saya sudah memberikan acuan tertulis kepada kepala desa tentang pengangkatan perangkat sesuai aturan yang sudah ditentukan oleh pemerintah.”tegas Syaiful Azwar

“Saya sudah memberikan acuan kepada Kepala Desa dalam menentukan perangkat sesuai aturan yang ada.” Tandas Camat.

Terpisah Kepala Desa Tebing Abang Nuhasim, Saat dikonfirmasi media Portal Indonesia, Jum’at malam sekira pukul 20.17 WIB (22/03/24) tentang seputar kegiatan desanya tidak merespon. (Adi Simba)