Portal DIY

Kabupaten Sleman Ditunjuk Jadi Pilot Project Implementasi Stranas KWP

11
×

Kabupaten Sleman Ditunjuk Jadi Pilot Project Implementasi Stranas KWP

Sebarkan artikel ini
Kabupaten Sleman Ditunjuk Jadi Pilot Project Implementasi Stranas KWP

SLEMAN – Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ditunjuk menjadi Pilot Project Implementasi Strategi Nasional Kewirausahaan Pemuda (Stranas KwP) Kementerian PPN/BAPPENAS. Pemkab Sleman juga menyambut baik penunjukan tsb.

“Hari ini, Senin 29 Mei 2023, telah dilakukan assesment dan penilaian mandiri yang dibuka secara langsung oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo di Aula lantai 3 Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman,” kata Bupati Slemsn Kustini Sri Purnomo, Senin (29/5/2023).

Dalam arahannya, Kustini menyambut baik atas penunjukkan Kabupaten Sleman sebagai Pilot Project Stranas KwP. Ia mengatakan bahwa Kabupaten Sleman patut berbangga karena dinilai dan diakui memiliki potensi dan upaya mendorong anak muda dalam berwirausaha.

“Kita harus bangga bahwa Kabupaten Sleman mempunyai potensi yang diakui di tingkat nasional” ujarnya

Lebih lanjut, Kustini berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat berwirausaha di Kabupaten Sleman sehingga pemuda sebagai kelompok produktif tidak lagi menjadi pekerja, namun berani mengambil resiko untuk berwirausaha yang membuka peluang ekonomi lebih luas.

Kabupaten Sleman Ditunjuk Jadi Pilot Project Implementasi Stranas KWP

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman, Agung Armawanta dalam laporannya mengatakan, Pilot Project Stranas Kwp ini dilatarbelakangi pembangunan pemuda merupakan agenda strategis untuk menyongsong puncak bonus demografi pada 2028-203, yaitu pemuda berperan penting sebagai usia produktif.

“Kabupaten Sleman akan menjadi Pilot Project Implementasi Stranas KwP pada rentang waktu April hingga Agustus 2023 melalui serial diskusi, assessment dan pendampingan,” jelasnya

Ia menambahkan, pemilihan Kabupaten Sleman mengacu pada capaian domain lapangan dan kesempatan kerja dalam Indeks Pembangunan Pemuda (IPP). Kabupaten Sleman dinilai sebagai representasi daerah yang capaian IPP nya baik namun masih memerlukan asistensi dalam pengembangan ekosistem kewirausahaan.

Metode Pilot Project Implementasi Stranas KwP akan dilakukan melalui asistensi kepada Pemerintah Daerah oleh konsultan yang didukung Program Kerjasama Pemerintah RI-UNFPA dan pembentukan technical working group. Pelaksanaan akan dilakukan melalui serangkaian pertemuan koordinasi teknis, pertemuan konsultatif, asistensi secara turun lapang (luring) dan daring. (Brd)