Portal Jatim

Jelang Perayaan Grebeg Suro 2023 di Ponorogo, Kang Bupati Sugiri: Datangkan Band ‘Noah’

21
×

Jelang Perayaan Grebeg Suro 2023 di Ponorogo, Kang Bupati Sugiri: Datangkan Band ‘Noah’

Sebarkan artikel ini
Jelang Perayaan Grebeg Suro 2023 di Ponorogo, Kang Bupati Sugiri: Datangkan Band 'Noah'
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko (tengah) saat memimpin rapat menjelang perayaan Grebeg Suro 2023

PONOROGO – Rapat panitia menjelang perayaan Grebeg Suro 2023 dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo. Bertempat di aula Bappeda, Selasa (27/6/2023).

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko memberikan arahan langsung kepada sejumlah dinas terkait dan para panitia pelaksana kegiatan.

Scroll kebawah untuk lihat konten

“Ya kita yakin Grebeg Suro tahun ini lebih meriah dari tahun lalu, karena sudah tidak lagi ada pandemi,” ujar Bupati Ponorogo, Kang Giri (sapaan akrabnya), Selasa (27/6/2023) sore.

Pada puncak Grebeg Suro nanti pihaknya akan mengundang band ‘Noah’. Nanti tanggal 15 Agustus di Alun-Alun Ponorogo.

“Karena tentunya sesuai dengan selera warga Ponorogo. Khususnya ibu-ibu sosialita. Insyaallah gratis,” imbuhnya.

Pihaknya tetap berkomitmen agar perayaan Grebeg Suro tahun ini menjadi luar biasa. Artinya value -nya ditambahkan, misalnya pameran keris, tidak hanya tosan aji namun juga memberikan edukasi ilmu pengetahuan, ilmiah dan karya seni.

“Untuk Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) jumlah peserta diharap lebih banyak lagi. Sebisa mungkin kita jangkau (luar Jawa) untuk berpartisipasi,” bebernya.

Tetap ada kurang lebih 52 kegiatan. Namun dikelompokkan satu menjadi 27 kegiatan. Misalnya kegiatan motor dan sebagainya. Agar lebih efisien namun tak mengurangi value -nya.

Porsi keagamaan juga ditambahi, rangkaian Grebeg Suro dimulai seminar sehari pembelajaran dan simak’an Al-qur’an, Dzikir Ghofur dengan Gus Azmi hingga sholawatan.

“Tidak hanya menjadi kegiatan budaya, namun juga meningkatkan sumbu perekonomian pelaku usaha (UMKM) warga dan masyarakat,” ungkapnya.

Senada diungkapkan Kepala Disbudparpora Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi, perlu diketahui jika perayaan Grebeg Suro tahun ini masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) dari 303 event Nasional.

“Bahkan tercatat kegiatan FNRP kita masuk KEN terbaik nomor dua. Hanya kalah dengan Dieng Culture Festival. Pun rencananya, Kemenpraf Sandiago Uno juga dijadwalkan hadir untuk melihat langsung FNRP,” ungkapnya.

Adapun kegiatan Grebeg Suro tahun ink dimulai tanggal 2 Juli hingga 15 Agustus 2023. Tentunya berbagai kegiatan budaya, kesenian hingga keagamaan dilakukan.

“Termasuk ada Festival Reog Remaja dan Anak, itu supaya transmisi budaya dan kaderisasi kesenian asli kota kita ini tidak terputus,” pungkasnya. (Adv)