Portal Jateng

Jelang Lebaran PDAM Kebumen Bagi-bagi 960 Paket Sembako untuk Tukang Becak dan ABK

10
×

Jelang Lebaran PDAM Kebumen Bagi-bagi 960 Paket Sembako untuk Tukang Becak dan ABK

Sebarkan artikel ini
Jelang Lebaran PDAM Kebumen Bagi-bagi 960 Paket Sembako untuk Tukang Becak dan ABK
Direktur PDAM Kebumen Zein Mustain (kanan).serahkan paket sembako kepada masyarakat (Ist)

KEBUMEN – Jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bumi Tirta Sentosa Kabupaten Kebumen mengadakan amal bakti berupa pemberian paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

Setidaknya ada 960 paket sembako yang dibagikan. Kegiatan berlangsung di Kantor PDAM Jl Arumbinang, Kebumen. Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Frans Haidar, Kabag Perekonomian Setda Purnowati, Direktur PDAM Kebumen Zein Mustain beserta jajaran.

Zein menuturkan, bantuan sembako diberikan untuk sejumlah kelompok, yakni kepada paguyuban tukang becak yang mangkal di berbagaj titik Kota Kebumen, anak berkebutuhan khusus (ABK), Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Kebumen, dan masyarakat kurang mampu di sekitar sumber air PDAM.

“Total ada 960 sembako yang hari ini kita distribusikan kepada mereka yang membutuhkan, dengan harga per paketnya sebesar Rp50 ribu. Alhamdulillah ini bisa terlaksana menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah,” ujar Zein, Rabu 19 April 2023.

Menurutnya, kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun di bulan Ramadhan sebagai wujud kepedulian PDAM terhadap masyarakat. Bahkan di hari biasa, PDAM rutin mengadakan Jumat Berkah dengan menyediakan 100 makanan untuk masyarakat di kantor PDAM.

“PDAM juga turut serta mensuport pemberian sembako pada acara tarawih dan silaturahmi bersama Bupati dengan menyediakan 250 paket sembako dengan harga per paketnya Rp75 ribu, dan penyaluran paket sembako melalui Kegiatan Sodaqoh Jariyah Tim Penggerak PKK Kebumen,” terangnya.

Zein menuturkan, pendanaan bantuan ini bukan hanya dari dana CSR, tapi juga diambil dari dana PDAM Infaq Club yang bersumber dari infaq shodaqoh seluruh karyawan PDAM setiap harinya. Zein sangat percaya dengan rajin sedekah, bisa menambah keberkahan untuk diri sendiri dan perusahaan.

Jelang Lebaran PDAM Kebumen Bagi-bagi 960 Paket Sembako untuk Tukang Becak dan ABK

Dengan adanya bantuan ini, PDAM, kata Zein, berkomitmen turut serta membantu pemerintah dalam penanganan kemiskinan ekstrem di Kebumen. “Kita sama-sama berharap dengan adanya bantuan ini, bisa turut serta dalam penanganan kemiskinan ekstrem di Kebumen,” jelas Zein.

Frans Haidar mewakili Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang berhalangan hadir menyatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan bakti sosial ini. Menurutnya, bantuan makanan sangat dibutuhkan bagi masyarakat yang kekurangan, dan secara tidak langsung telah mendukung program pemerintahan.

“Memang yang selalu kita tekankan dalam BUMD ini fokusnya bukan hanya bisnis oriented, tapi juga harus sosial oriented. Karena itu PDAM beserta BUMD lain harus aktif menyebar kemanfaatan untuk masyarakat, dan selalu bisa bersinergi dalam rangka mendukung program pemerintah,” ujar Frans.

Lebih lanjut, Frans menuturkan, setiap BUMD wajib mengalokasikan dana CSR untuk kegiatan kemasyarakatan. Ia melihat PDAM selalu rutin menggunakan dana CSRnya untuk kepentingan masyarakat.

Sementara itu, Amir Syarifuddin salah satu tukang becak yang biasa mangkal di perempatan Bakso Urip menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada  PDAM atas bantuan yang diberikan. Tidak banyak yang ia sampaikan, ia berharap PDAM bisa semakin maju dan bermanfaat kepada masyarakat.

“Alhamdulillah terima kasih untuk PDAM dan pemerintah. Ini rezeki di akhir Ramadhan untuk keluarga. Semoga tambah berkah. Buat PDAM semoga tambah maju usahanya dan senantiasa memberikan manfaat untuk masyarakat Kebumen,” tuturnya. (*)