Portal Jatim

Jelang Lebaran, LSM GMBI Pasuruan ‘Rajut’ Sinergitas Dengan Polri Menuju Situasi Aman dan Kondusif

17
×

Jelang Lebaran, LSM GMBI Pasuruan ‘Rajut’ Sinergitas Dengan Polri Menuju Situasi Aman dan Kondusif

Sebarkan artikel ini
Jelang Lebaran, LSM GMBI Pasuruan 'Rajut' Sinergitas Dengan Polri Menuju Situasi Aman dan Kondusif
Para nara sumber, saat mensosialisasikan Kamtibmas dihadapan anggota LSM GMBI Distrik Pasuruan Raya

PASURUAN — Guna meningkatkan jalinan atau merajut sinergitas dengan Polri, LSM GMBI Distrik Pasuruan Raya menggelar obrolan bertajuk sosialisasi Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) sembari buka puasa bersama di rumah makan Joglo Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Senin (10/4) sore.

Sosialisasi atau himbauan semacam itu dilakukan tidak lain adalah, untuk menekan terkait maraknya tindak kejahatan dan juga penggunaan petasan terutama di momen menjelang Hari Raya Idul Fitri (lebaran).

Tentunya hal itu menurut Ketua LSM GMBI Distrik Pasuruan Raya yaitu Muhammad Asyari, demi mewujudkan situasi yang lebih aman, tertib dan juga kondusif terutama di wilayah Kota dan Kabupaten Pasuruan secara umum.

Acara tersebut turut dihadiri Kapolsek Kejayan, Danramil 0819/04 Kejayan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Ketua Ormas DPC Petanesia Kabupaten Pasuruan, tokoh ulama, sejumlah ketua LSM mulai dari AM Cinta Damai, LSM Gajah Mada, Walikota LIRA, LSM Garda Pantura, Ketua LSM Cakra dan juga dari perguruan PSHT serta Pagar Nusa.

Jelang Lebaran, LSM GMBI Pasuruan 'Rajut' Sinergitas Dengan Polri Menuju Situasi Aman dan Kondusif
Foto bersama, Kapolsek, Danramil, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan bersama seluruh jajaran LSM GMBI

“Kalau kita lihat menjelang hari raya itu biasanya marak penggunaan petasan dan pencurian, makanya kita LSM GMBI sinergitas dengan Polri untuk melaksanakan sosialisasi Kamtibmas kepada masyarakat luas”, kata Asyari.

Asyari juga menambahkan, “Dengan kita mendatangkan nara sumber dari institusi dan pihak terkait, agar masyarakat tidak melakukan hal-hal yang sifatnya melanggar aturan atau hukum, sekaligus mengantisipasi adanya tindak kejahatan”, imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, H.M. Rusdi Sutejo selaku Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan yang sekaligus sebagai Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Pasuruan mengatakan.

“Acara seperti sangatlah bagus, karena sinergi antara GMBI dengan Polri soal menjaga Kamtibmas secara bersama-sama terutama di wilayah Pasuruan Raya dan berharap ini berjalan dengan baik hingga lebaran Idul Fiti nanti”, ujarnya.

Rusdi Sutejo juga berpesan terutama kepada seluruh masyarakat Pasuruan secara umum, untuk selalu berhati-hati, tetap waspada agar tidak mengundang pelaku kejahatan.

“Pesan kita seperti kata Bang Napi ya, Waspadahlah….kejahatan terjadi bukan karena ada niat dari pelaku, tapi juga karena ada kesempatan. Artinya, kita sebagai masyarakat untuk selalu berhati-hati kemudian jangan teledor, karena kalau kita memberi kesempatan maka akan terjadi tinda kejahatan”, pesannya.

Lebih lanjut, secara khusus Dirinya juga berharap agar LSM GMBI terus jaya serta terus membantu masyarakat dengan ikhlas.

“Kepada LSM GMBI, teruskan pengabdian kepada masyarakat dan mudah-mudahan LSM GMBI ini terus berjaya dan yang paling penting ikhlas membantu masyarakat”, ucap Rusdi Sutejo.

Hal senada juga disampaikan oleh AKP Marti selaku Kapolsek Kejayan, Polres Pasuruan.

“Kegiatan sangat luar biasa, karena ini menurut saya LSM pertama bisa bersinergi dengan Polri khususnya berkaitan dengan sosialisasi Kamtibmas”, tutur Kapolsek Kejayan, yang akrab dipanggil Bunda Marti.

Lanjutnya, kepada LSM GMBI dalam hal ini Bunda Marti juga berharap, “Tetap dilapangan kita harus meningkatkan koordinasi, komunikasi dan kolaborasi. Jadi ketika ada gangguan Harkamtibmas, sebisanya untuk memberikan informasi kepada kami selaku petugas dan saya harapkan tidak berjalan sendiri”, pungkasnya.

Sebagai penutup acara, untuk pembacaan doa dipimpin langsung oleh KH. Ifdholus Syarif selaku Ketua DPC Petanesia (Pecinta Tanah Air Indonesia) Kabupaten Pasuruan dengan didampingi KH. Fauzi Siswanto. (Ek/Gha)