Portal DIY

Jelang Lebaran, Bupati Sleman Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian

10
×

Jelang Lebaran, Bupati Sleman Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian

Sebarkan artikel ini
Jelang Lebaran, Bupati Sleman Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo serahkan bantuan kepada warga Nayan (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Dalam rangka mendekatkan diri antara para pejabat Pemkab Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan masyarakat, sejak awal Ramadhan lalu, Byupati Sleman Kustini Sri Purnomo didampingi para pejabat Pemkab Sleman melaksanakan tarawih keliling ke berbagai masjid di Sleman.

Seperti dilaksanakan di Masjid Darul Ullum, Kapanewon Depok Jumat malam (7/4/2023), namun tarawih keliling di Masjid Darul Ullum tersebut merupakan acara merupaan acara penutupan atau tarawih keliling terakhir di bulan Ramadhan 1444 Hijriyah ini.

Pada acara tersebut, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyampaikan ucapan syukur atas kelancaran pelaksanaan Safari Tarawih pada tahun ini. Ia mengatakan, selain untuk beribadah, kegiatan tersebut juga menjadi momen silaturahmi antara pemerintah Kabupaten Sleman dengan masyarakat.

Menutup rangkaian safari tarawih ini, Kustini mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian dengan sesama. Dimulai dari lingkungan rumah, Bupati mengimbau agar masyarakat lebih memperhatikan tetangga dan meningkatkan kepekaan dalam membantu sesama.

“Di bulan penuh berkah ini, mari kita tingkatkan kepedulian kita dengan lingkungan sekitar, diawali peduli dengan tetangga terdekat. Sehingga, kepekaan sosial bisa ditumbuhkan dari lingkungan di sekitar kita dan dapat memberikan dampak positif yang lebih luas,” ujar Kustini.

Pada kesempatan tersebut Kustini Bupati berpesan kepada para orang tua agar selalu mengawasi dan memberikan perhatian kepada anak-anak. Di tengah maraknya kasus kenakalan remaja saat ini, Bupati Sleman berharap orang tua dapat membangun komunikasi yang baik dengan anak.

Jelang Lebaran, Bupati Sleman Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian

Sementara itu, Panewu Depok, Wawan Widiantoro, menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Bupati berserta jajaran Pemerintah Kabupaten Sleman di Padukuhan Nayan. Melalui pertemuan ini, Wawan berharap dapat meningkatkan komunikasi yang baik antara Pemerintah dengan masyarakat.

Wawan melaporkan, hingga saat ini Kapanewon Depok terus melahirkan inovasi untuk mempermudah layanan kepada masyarakat, salah satunya melalui layanan administrasi kependudukan.

Ia mengatakan, kini masyarakat Depok sudah bisa mengakses layanan melalui website. Sehingga masyarakat untuk memndapatkan layanan pemerintah tidak perlu lagi datang langsung ke kantor Kapanewon.

“Melalui website kita bisa mengurus keperluan adminduk dari rumah, cukup dengan HP ataupun laptop. Dan untuk lansia atau warga difabel kami juga berikan layanan pengantaran hasil ke rumah secara gratis,” papar Wawan.
Wawan menambahkan, Kapanewon Depok juga meluncurkan tim unit reaksi cepat lapor Sleman.

Tim tersebut dimaksudkan untuk memberikan tanggapan lebih cepat untuk aduan yang diberikan masyarakat Depok. Sehingga ditargetkan dalam 1×24 jam, laporan masyarakat sudah mendapat respons dari pemerintah.
Pada acara, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan bantuan sosial dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sleman kepada takmir masjid dan 10 warga padukuhan Nayan yang kehidupanya dipandang kurang mampu. (Brd)