Portal DIY

Jaga Kebersihan Lingkungan, Bupati Sleman Keluarkan S-E Lebaran Minim Sampah

7
×

Jaga Kebersihan Lingkungan, Bupati Sleman Keluarkan S-E Lebaran Minim Sampah

Sebarkan artikel ini
Jaga Kebersihan Lingkungan, Bupati Sleman Keluarkan S-E Lebaran Minim Sampah
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN- mengantisipasi merebaknya sampah pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sleman, DIY, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang Lebaran Minim Sampah. Melalui SE tersebut diharapkan werga tidak membuang sambah di sembarang tempat.

“DIterbitkanya SE Bupati Sleman No 024 tahun 2023 tentang Lebaran Minim Sampah ini, mengacu Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan R-I Nomor : 2/MENLHK/PSLB3/PLB.2/4/2023 tentang Pengendalian Sampah dalam Rangkaian Kegiatan Hari Raya Idul Fitri 2023,” kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Rabu (19/4/2023).

Dalam SE Bupati ini terdapat dua poin yang harus dilakukan masyarakat. Pertama terkait pengurangan jumlah sampah hantaran lebaran, dan kedua terkait mengurangi jumlah sampah pada shalat ied.

Pada poin mengurangi jumlah sampah pada shalat ied terdiri dari lima poin. Yakni diminta menggunakan kemasan yang ramah lingkungan, menghindari kemasan plastik, styrofoam, atau bahan sekali pakai lainnya, memilih bahan makanan yang tahan lama atau tidak mudah busuk, membeli bahan makanan dengan jumlah yang tepat agar tidak terbuang sia-sia, dan menjaga kebersihan serta kesehatan makanan.

Jaga Kebersihan Lingkungan, Bupati Sleman Keluarkan S-E Lebaran Minim Sampah

Adapun terkait poin mengurangi jumlah sampah pada saat shalat led, ada empat hal yang perlu diperhatikan warga. Yakni saat menjalani sholat ied, menggunakan sajadah yang sudah bersih dan hindari membawa makanan atau minuman ke tempat sholat, menggunakan tas atau wadah khusus untuk membuang sampah, menggunakan tisu kertas atau sapu tangan kain untuk membersihkan keringat dan debu. Kemudian dalam membuang sampah harus ke tempat sampah.

Terbitnya S-E Bupati Sleman Nomor 024 tahun 2023 tentang Lebaran Minim Sampah tersebut direspon positif oleh sebagian warga Sleman. Terbukti, begitu memahami isi S-E tersebut terus banyak warga memasang papan nama di berbagai tepi jalan yang intinya meminta semua pihak an tidak boleh membuang sambah di sembarang tempat.

Salah satunya di wilayah kapanewon Minggir telah terdapat puluhan papan nama himbauan untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat. (Brd)