Portal Sumsel

Irma Suryani Anggota DPR RI Adakan Sosialisasi Germas di Desa Raja Barat

11
×

Irma Suryani Anggota DPR RI Adakan Sosialisasi Germas di Desa Raja Barat

Sebarkan artikel ini
Irma Suryani Anggota DPR RI Adakan Sosialisasi Germas di Desa Raja Barat
Anggota DPR RI, Irma Suryani, SE., MM., dalam acara sosialisasi Germas di gedung serbaguna Desa Raja Barat, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. 

PALI SUMSEL. portal-indonesia.com – Anggota DPR RI Irma Suryani, SE., MM bersama Kementrian Kesehatan, melaksanakan giat sosialisasi Gerakan Masyarakat hidup Sehat (Germas), di Desa Raja Barat, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali). Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu kemarin (17/5/2023), merupakan kegiatan reses DPR RI massa sidang ke 2 tahun 2023.

Dihadapan masyarakat Desa Raja Barat yang hadir pada acara ini, Irma Suryani menjelaskan tentang pentingnya kesehatan masyarakat.

“Dalam membangun sebuah bangsa, kesehatan masyarakat merupakan modal penting agar pembanguan tersebut bisa langsung terasa ke masyarakat,” jelas Irma Suryani.

Selain menjelaskan Germas, Anggota Komisi IX DPR RI ini sempat menyampaikan tentang keberadaan Candi Bumi Ayu yang memiliki nilai sejarah dan potensi pembangunan ekonomi yang bisa dikembangkan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar candi tersebut.

Dari informasi terhimpun, Candi Bumi Ayu yang berada di Desa Bumi Ayu Kecamatan Tanah Abang, kali pertama mengalami pemugaran pada 1990 silam.

Namun pasca pemugaran pada tahun 1990, belum ada pengembangan untuk penelitian lebih luas akan situs sejarah peninggalan purbakala di desa tersebut.

Harapan masyarakat, pemerintah bisa hadir untuk penggalian dan pelestarian situs bersejarah yang ada di Desa Bumi Ayu, serta pembangunan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar situs bersejarah di desa tersebut.

Setelah masyarakat menyampaikan apa yang harapannya terkait Candi Bumi Ayu atau situs sejarah di Desa Bumi Ayu, Politisi partai Nasdem ini berjanji akan membawa aspirasi dari masyarakat tersebut untuk disampaikan ke pemerintah pusat agar dapat menjadi agenda sehingga situs purbakala bernilai sejarah di desa tersebut, keberadaannya juga bisa berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Sebelumnya, dr Yeni dari Kementrian Kesehatan RI dalam kegiatan sosialisasi Germas ini menyampaikan kepada masyarakat yang hadir tentang pentingnya menjaga kesehatan dan membiasakan hidup sehat, serta cara-cara mengimplementasikannya.

Harapannya kepada masyarakat yang hadir dan telah menerima penjelasan tentang Germas, juga bisa ditularkan kepada masyarakat lainnya.

Irma Suryani Anggota DPR RI Adakan Sosialisasi Germas di Desa Raja Barat
Peserta yang hadir dalam acara sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di g dung Serba Guna Dress Raja Barat, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.

Dalam acara sosialisasi bertempat di gedung serbaguna Desa Raja Barat dihadiri Kepala Desa Raja Barat, sejumlah pejabat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pali, Kepala Puskesmas Tanah Abang, ratusan ibu-ibu dari Desa Raja Barat dan desa desa sekitar, serta masyarakat umum lainya.

Pada penutup acara Irma suryani bagi bagi sembako dan sauvenir kepada peserta yang hadir.(Lidian Heri)