Ini Usulan PD PPM Sumsel Saat Audensi Bersama Walikota Palembang

Ini Usulan PD PPM Sumsel Saat Audensi Bersama Walikota Palembang
Pimpinan Daerah Pemuda Panca Marga (PPM) Provinsi Sumsel, Gerry Gunung Iskandar, saat bertemu dengan Walikota Palembang, H. Harnojoyo, di Rumah Dinas Walikota Palembang, Kamis (20/5/2021).

PALEMBANG – Pimpinan Daerah (PD) Pemuda Panca Marga (PPM) Provinsi Sumsel sampaikan usulan kepada Walikota Palembang terkait penamaan jalan di beberapa ruas kota Palembang menjadi nama para Veteran Pejuang Kemerdekaan RI asal Sumsel. Hal tersebut dinilai sebagai bentuk penghargaan terhadap para veteran ataupun para pejuang yang telah berjasa terhadap Provinsi Sumatra Selatan, khususnya kota Palembang.Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua PD Pemuda Panca Marga (PPM) Provinsi Sumsel, Gerry Gunung Iskandar dalam audiensinya bersama Walikota Palembang, H. Harnojoyo di Rumah Dinas Walikota Palembang, Kamis (20/5/2021).

Dikatakan Gerry, bahwa pihaknya telah mendapatkan dukungan positif dari Danrem 044/Gapo dan sangat berharap usulan yang disampaikan dapat diterima oleh Bapak Walikota terkait penamaan jalan tersebut.

“Terutama jalan baru yang sedang dibuat oleh Pemkot. Jadi jalan atau wilayah baru itu bisa menggunakan nama Veteran Pejuang RI asal Sumsel, karena masih banyak para pahlawan pejuang kemerdekaan ‘45 asal Sumsel yang mulai terlupakan jika tidak kita abadikan sebagai nama jalan,” kata Gerry.

Ia juga menyampaikan, bahwa penamaan jalan yang menggunakan nama hewan atau buah-buahan yang ada saat ini diharapkan dapat diganti dengan nama para Pejuang Kemerdekaan RI asal Sumsel.

“Saya pikir itu tidak ada edukasi-edukasi pengenalan terhadap sejarah perjuangan, lebih baik kita ganti, sehingga masyarakat khususnya generasi Milenial yang saat ini semakin tergerus pemahaman sejarahnya kembali tahu bahwa di Sumsel ini banyak pejuang-pejuang yang ikut dengan gagah berani memperjuangkan kemerdekaan Indonesia” harapnya.

“Kami sedang mendata, mengumpulkan dan berkomunikasi dengan pihak keluarga para Veteran Pejuang Kemerdekaan RI, sudah ada beberapa nama yang akan kami usulkan, seperti Almarhum Brigjen. Purn. H. Yahya Bahar, Almarhum Kol. Purn. H. Syamsul Bahri Oemar (Tatung), Almarhum Kol. Purn. HM. Sai Sohar dan Almarhum Kol. Purn. H. Djarab. Ada sekitar 10 sampai 15 nama yang akan kami usulkan. Tentunya dukungan dari Legiun Veteran RI Provinsi Sumsel sangat dibutuhkan untuk Verifikasi keabsahannya.”

Generasi muda khususnya generasi milenial di Sumsel ini harus tahu, bahwa di Palembang pernah terjadi Pertempuran 5 hari 5 malam berturut-turut yang sangat hebat pada 1 Januari sampai dengan 5 Januari 1947. Perlawanan Pasukan Indonesia (TRI) melawan dengan gigih pasukan Belanda (NICA). Perang tiga matra, melibatkan Darat, Laut dan Udara. Tidak kalah heroiknya dengan Pertempuran Surabaya 10 November 1945, Palagan Ambarawa Semarang, Medan Area di Kota Medan.

Belum lagi pertempuran yang tersebar di wilayah Sumbagsel (Jambi, Bengkulu, Lampung dan Babel). Semua Pejuang kita tersebar bertempur di wilayah tersebut.

Gerry menambahkan, Palembang sebenarnya bisa dikembangkan menjadi Kota Wisata Sejarah. Edukasi sejarah perjuangan mempertahankan Kemerdekaan cukup kental di Kota ini. Museum Sejarah Perjuangan Veteran Pejuang yang bertempur di wilayah Sumbagsel harus dibuat bagus dan menarik.

“Alhamdulillah usulan kami diapresiasi dan diterima oleh Pak Walikota supaya nama-nama pejuang ini diakomodir dan akan memerintahkan Dinas terkait untuk mencatat dan menginventaris nama-nama para Veteran Pejuang Kemerdekaan ini,” katanya.

Sementara itu, Walikota Palembang H. Harnojoyo menjelaskan, bahwa usulan tersebut sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi kota Palembang sehingga pihaknya akan melakukan pendataan terlebih dahulu terhadap jalan-jalan baru yang ada di Kota Palembang.

Tetapi, lanjut Walikota, itu ada aturan dan ada juga kaitannya dengan pihak keluarga dan itu tugas Dinas Sosial.

“Nanti akan didata dahulu jalan-jalan baru yang belum ada namanya. Kalo bisa nama Veteran Pejuang tersebut ditempatkan sesuai rumah keluarga. Supaya menjadi sebuah kebanggaan bagi keluarga dan putra/i serta keturunan Veteran Pejuang Kemerdekaan tersebut,” ungkapnya.

Dalam audiensi ini, Gerry tampak didampingi oleh Indangsyah, Senior PPM Devi Iskandar Yunus, Rahmat Farizal, Risky Pratama Saputra, Hairul Anwar (Irul) dan Iwan Tuaji.

Penulis: Hadi STEditor: Abdul Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: