PemiluPortal Jateng

Incumbent Dominasi DPR RI Dapil Jateng VIII

2979
×

Incumbent Dominasi DPR RI Dapil Jateng VIII

Sebarkan artikel ini

Penghitungan Sementara dari Website KPU

Incumbent Dominasi DPR RI Dapil Jateng VIII
Anggota DPR RI dari Partai Demokrat, Wastam (paling kanan) dalam satu kesempatan bersama Redaktur Portal Indonesia (Dok)

PURWOKERTO — Proses pemungutan suara untuk Pilpres dan Pileg 2024, termasuk DPD RI sudah berlangsung Rabu (14/02/2024) lalu. Saat ini masih berlangsung proses penghitungan suara.

Update data pada hari Jumat (16/2/2024) malam pukul 23.00 WIB di website resmi Pemilu2024.KPU.go.id, menunjukkan pergerakan terhadap perhitungan kursi DPR RI.

Dapil VIII wilayah Provinsi Jateng sendiri sudah 7341 dari 11551 TPS, atau secara persentase mencapai 63.55 persen. Diketahui Jateng VIII meliputi wilayah Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Cilacap dengan mendapatkan jatah 8 kursi di DPR RI

Hasil dari perhitungan itu, suara terbanyak masih didominasi nama nama caleg incumbet dari sejumlah partai. Adapun posisi suara partai tertinggi diraih Partai Gerindra.

Caleg dari Partai Gerindra, Novita Wijayanti memperoleh suara sebanyak 79.330 suara. Diikuti oleh Caleg dari PDI Perjuangan Kaisar Kiasa Kasih Said Putra yang memperoleh 61.411 suara.

Adisatrya Suryo Sulisto yang memperoleh 58.704 suara menduduki posisi ketiga. Suara terbanyak keempat adalah Wastam, dari Partai Demokrat, yakni 57.777 suara.

Novita, Adisatrya, dan Wastam adalah caleg incumbent atau petahana karena status mereka saat ini adalah anggota DPR. Bahkan, untuk Novita dan Adisatrya, sudah lebih dari satu periode menjadi anggota DPR RI.

Kontestan lain yang mendapat suara cukup banyak adalah Siti Mukaromah. Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini memperoleh suara 39.736. Sedangkan Sugeng Suparwoto, dari Partai Nasdem mendapatkan suara 47.693 suara.

Di internal Partai Golkar, Teti Rohatiningsih bersaing ketat dengan Dito Ganinduto. Masing-masing memperebutkan suara 47.896 (Teti) dan 40.080 (Dito).

Ada dua pendatang baru di Dapil VIII Jateng. Keduanya dari PDI Perjuangan, yakni Achmad Husein dan Kaisar Kiasa Kasih Said Putra. Tetapi, meski nama baru, mereka cukup banyak mendapatkan suara.

Achmad Husein mendapatkan 32.453, dan mampu melewati suara dari incumbent Sunarna dari partai yang sama.

Dari penghitungan yang saat ini berlangsung, ada beberapa nama yang potensial menuju ke Senayan. Diantaranya, Wastam dari Demokrat, Adisatrya dari PDI Perjuangan, Novita Wijayanti dari Gerindra. Kemudian, Achmad Husein dari PDI Perjuangan, Sugeng Suparwoto dari Nasdem. Kaisar Kiasa Kasih Said Putra dari PDI Perjuangan.

Lalu, Siti Mukaromah dari PKB, Dito Ganinduto dari Golkar, dan Teti Rohatiningsih dari Golkar. Hanya saja, penghitungan saat ini masih berjalan dan potensi perubahan dinamika masih bisa terjadi. (trs)