INAKER MAKOTA dan Bakesbangpol Ikuti Zoom Meeting Bersama Mendagri

INAKER MAKOTA dan Bakesbangpol Ikuti Zoom Meeting Bersama Mendagri
Acara Virtual Zoom Meeting yang digelar oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjenpolpum) Kemendagri, Senin (23/08). (Photo. Galih) 

MALANG RAYA – INAKER Malang Kota bersama pihak Bakesbangpol mengikuti acara virtual press conference atau zoom meeting yang digelar oleh Direktorat Jendral Politik dan Pemerintahan Umum (Ditpolpum) Kemendagri, dengan tema “Peran Ormas Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Pandemi Covid 19”, Senin (23/08/2021)

Acara yang berlangsung selama 30 menit tersebut diikuti oleh sekitar 20 ormas, diantaranya Ormas Bentang Merah Putih, Lembaga Pemberdayaan dan Pengkajian Masyarakat, Arus Informasi Nusantara, GusDurian, INAKER dan lain-lain dari 500 ormas yang ada didalam negeri.

INAKER yang diundang oleh pihak Bakesbangpol Kota Malang untuk mengikuti acara tersebut diwakili oleh dua orang pengurus harian, yakni Eko Riyanto selaku Wakil Sekretaris dan Ketua Plt.Devi Sumarni yang mengikuti virtual dari tempat keberadaan masing-masing.

Usai gelaran zoom meeting, awak portal-indonesia.com melakukan konfirmasi kepada Rina selaku Kepala Bakesbangpol Kota Malang.

“Harus bisa kita tiru dan optimalkan,” kata Rina.

Selain itu ia juga mengatakan, bahwa kegiatan zoom meeting tersebut bersamaan dengan kegiatan Lakpesdam NU.

“Mohon maaf saya agak telat mengikuti karena tadi bersamaan menjadi narasumber giat Lakpesdam NU” ujarnya.

Sementara Ketua Plt INAKER MAKOTA, Devi Sumarni mengatakan, bahwa pentingnya mengikuti zoom meeting tersebut supaya faham posisi ormas dalam penempatannya. “Sehingga bisa berkontribusi bagi masyarakat dan negara, dan INAKER MAKOTA tetap solid, bekerja bersama-sama,” tegasnya.

“INAKER Kota Malang tetap bersinergi dengan pemerintah, pengusaha dan pihak universitas” sambung Eko Riyanto selaku Wakil Sekretaris.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri, Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., dalam poin sambutannya pada acara virtual press conference tersebut menyampaikan, bahwa pihak pemerintah bukan satu-satunya sebagai pemain tunggal dalam melaksanakan program pembangunan dan running-nya sistem pemerintahan. Dalam sistim demokrasi saat ini kekuasaan ada ditangan rakyat, maka di samping hak-hak kewarganegaraan diberikan jaminan. Diantaranya hak untuk menyampaikan pendapat/freedom of expression dan hak untuk berserikat.

Maka pihak ormas diharapkan tetap bekerjasama dengan pemerintah dan stakeholder-nya untuk mempercepat pembangunan.”Maka ormas yang berfokus pada politik, ekonomi, sosial, budaya, kesenian, pendidikan, olahraga kesehatan, dan lain-lain yang dibangun karena adanya kepentingan bersama guna memperkuat tujuan berbangsa dan bernegara” kata Tito

Menteri Dalam Negeri juga mengungkapkan tentang pentingnya peran serta ormas dalam menanggulangi global pandemi Covid-19 saat ini.

“Kita harus merapatkan barisan dan bersama terjun guna pengendalian pandemi Covid-19 ini,” tegas Tito.

“Tentunya dengan 5M standar prokes yang telah ditetapkan pemerintah pusat dan daerah serta didukung kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat,” tambahnya

Mantan Kapolri itu, juga mengajak semua ormas untuk survive menuju pemulihan ekonomi dengan pentingnya bekerjasama dengan semangat bergotong royong.

Dalam sambutan terakhirnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengapresiasi kepada semua ormas yang turut hadir mengikuti acara zoom meeting yang telah dilaksanakan oleh Ditjenpolpum.
(galih)

Tinggalkan Balasan

error: