HSN 2021, Pemkab Kendal Gelorakan Gema Sholawat Akbar

HSN 2021, Pemkab Kendal Gelorakan Gema Sholawat Akbar
Pemkab Kendal memperingati HSN 2021 secara virtual (Istimewa)

KENDAL – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Kendal menggelar Gema Sholawat Akbar melalui virtual, Kamis (21/102021) bertempat di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Kendal Dico M Ganinduto, B.Sc., Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun S.H.I., Sekda Kendal Moh Toha, S.T., M.Si, Forkopimda Kendal, Ketua MUI Kendal Asroi Tohir, para pengasuh pondok pesantren di Kabupaten Kendal, dan diikuti oleh panitia lomba, serta para juara lomba serangkaian Hari Santri Nasional.

Acara diawali dengan pembukaan suratul fatikah, dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al Quran. Kemudian secara bersama-sama melantunkan Sholawat Nariyah.

Dalam sambutannya Bupati Dico menyampaikan, bahwa bulan Maulid ini setidaknya bisa dijadikan momentum untuk mengambil hikmah dan pelajaran dari sejarah hidup Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Kepribadian Rasulullah bukan hanya sebagai teladan, namun juga menjadi sumber inspirasi sepanjang sejarah peradaban umat manusia sampai akhir zaman, kelak Peradaban dunia di masa Rasulullah juga merupakan bagian penting untuk umat saat ini.

“Melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021, mari kita membiasakan melakukan kebiasaan 5M, yaitu Mencontoh dari diri Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, sebagai Uswatun Hasanah, Mengubah kelakuan yang belum sesuai sunnah rasul untuk dirubah sesuai sunnah rasul, Membiasakan bersedekah, Membaca Al-Quran dan hadits, serta Melantunkan sholawat setiap saat,” ujar Bupati Kendal.

Bupati Dico juga menyampaikan, besok khususnya para santri akan memperingati Hari Santri, ia berpesan kepada para santri agar terus menjadi generasi muda yang berakhlak dan mampu bersaing dengan perkembangan zaman. Santri harus terus tumbuh dan berdaya dengan karyanya, sesuai dengan tema Hari Santri 2021 Tingkat Kabupaten Kendal yaitu “Semarak Kota Santri 4.0, Bertumbuh, Berdaya dan Berkarya”.

Ucapan syukur Alhamdulillah juga disampaikan oleh Bupati Kendal atas terselenggaranya serangkaian lomba Hari Santri Tingkat Kabupaten Kendal Tahun 2021 dapat berjalan dengan lancar dan sukses. “Saya haturkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengasuh pondok pesantren dan para santri, serta segenap Tim Peringatan Hari Santri dan semua pihak, atas kerja keras dan keikutsertaanya dalam memeriahkan Hari Santri Nasional tahun ini,” tuturnya.

Tak lupa bupati mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba dalam rangka Peringata Hari Santri Nasional Tahun 2021. Ia merasa bangga atas prestasi yang telah diraih oleh para santri dan pesantren di Kabupaten Kendal. Semoga prestasi yang telah diraih ini dapat bermanfaat bagi pengembangan diri secara pribadi serta juga untuk kemajuan pondok pesantren dan Kabupaten Kendal.

“Bagi para santri yang berprestasi dan yang menang lomba dalam acara serangkaian kegiatan Hari Santri Nasional ini prestasinya harus terus ditingkatkan lagi, terutama lomba kebersihan ini harus terus dipertahankan, insaAllah ke depan hadiahnya akan lebih besar lagi,” ujar Bupati Kendal.

Bupati Dico mengajak para jamaah untuk senantiasa melantunkan sholawat sebagai pengingat untuk melaksanakan ajaran Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, agar kita selalu ingat ajarannya dan bisa diterapkan pada kehidupan kita sehari-hari.

Bupati juga mengatakan, para santri akan lebih diperhatikan lagi, karena ia punya mimpi, dengan adanya one pondok one product akan lebih memberdayakan para santri, dan membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat Kabupaten Kendal.

Diakhir sambutannya Bupati Dico mengungkapkan, bahwa pandemi belum berakhir, ia meminta kepada para santri dan seluruh masyarakat Kabupaten Kendal untuk tidak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Diakhir acara, Bupati Kendal menyerahkan hadiah lomba kepada para santri yang mengikuti serangkaian lomba HSN, dan melakukan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada kiai sepuh dan Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren Kabupaten Kendal. ( Pedro)

Tinggalkan Balasan

error: