Portal Jatim

Hingga Hari ke-13, Sebanyak 10 Parpol Sudah Daftarkan Bacaleg ke KPU Kota Pasuruan

12
×

Hingga Hari ke-13, Sebanyak 10 Parpol Sudah Daftarkan Bacaleg ke KPU Kota Pasuruan

Sebarkan artikel ini
Hingga Hari ke-13, Sebanyak 10 Parpol Sudah Daftarkan Bacaleg ke KPU Kota Pasuruan
Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari, SH

PASURUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan, sudah membuka pendaftaran bagi para Bakal Calon Anggota atau Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Kota Pasuruan 2024 sejak 1 hingga 14 Mei 2023 pukul 23.59 WIB.

Terhitung hingga di hari ke 13 atau pada Sabtu (13/5), KPU Kota Pasuruan telah menerima pemberkasan Bacaleg dari 10 Partai Politik (Parpol), sementara 8 Parpol lain masih ditunggu hingga batas akhir nanti.

Diketahui dari ke 10 Parpol yang sudah mendaftarkan Bacaleg ke KPU itu diantaranya Partai Nasdem, PDI-P, PKS, PAN, Hanura, PPP, PBB, Gerindra, PKB dan Perindo.

“Hari ini ada enam partai politik yang telah hadir di KPU Kota Pasuruan, dan yang kemarin-kemarin empat partai politik berarti dapat sepuluh partai politik yang sudah hadir”, kata Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari kepada sejumlah awak media, Sabtu (13/5) sore.

Sementara Parpol yang belum mendaftar seperti Partai Golkar, Gelora, Demokrat, PKN, GPI, GIR, PSI, Partai Buruh dan Partai Ummat.

Menyinggung soal keterwakilan perempuan, sejauh ini menurut Royce sudah memenuhi syarat sebesar 30 persen dan bahkan ada yang lebih.

“Keterwakilan perempuan dari sepuluh partai yang hadir itu, posisinya sudah sesuai dengan PKPU nomor 10 tahun 2023 seluruhnya bahkan melebihi 30 persen”, ujarnya.

Seperti yang dikatakan oleh Royce, untuk syarat pendaftaran Bacaleg dibagi menjadi 2 tahapan, yang mana untuk tahap 1 Penerimaan dan tahap 2 Verifikasi dan juga Perbaikan.

“Harapan KPU Kota Pasuruan seluruhnya bisa dilaksanakan sesuai persyaratan calon, baik syarat pengajuan maupun administrasi”, pungkasnya. (Eko/Ghana)