Hidupkan Seni Simtudduror, JMSD Gelar Festival Rebana

Hidupkan Seni Simtudduror, JMSD Gelar Festival Rebana
Festival Rebana JMSD (Ist)

BATANG – Batang Bulan suci Ramadan tahun ini disambut positif bagi umat muslim. Selain menjalankan ibadah puasa dan amalan saleh lainnya, Jamiyah Maulid Simtudduror (JMSD) menggelar Festival Rebana Batang untuk menghidupkan seni simtudduror dari kalangan muda.

Kegiatan diikuti 10 grup simtudduror bekerja sama dengan Batang Teras Pandawa (BTP).

Wakil Ketua Panitia, Triono mengatakan, lomba bertema kegiatan islami perlu digencarkan, sesuai dengan momentum saat ini bulan suci Ramadan.

“Kami berupaya mengenalkan musik-musik islami dan semoga ke depan bisa jadi agenda tahunan di sini,” katanya, saat ditemui, di BTP, Kabupaten Batang, Jumat (15/4/2022).

Dipilihnya BTP, karena lokasinya strategis sekaligus mengenalkan kepada masyarakat luas, bahwa di Kabupaten Batang tidak hanya ada Kawasan Industri Terpadu (KIT) dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2×1.000 Megawatt saja, namun memiliki potensi lain yang mendukung tumbuh kembang seni musik islami.

“Kami ingin membawa nama Kabupaten Batang melalui seni simtudduror ke kancah nasional. JMSD Kecamatan Batang sudah punya grup Al Fajru Mustofa yang meraih juara nasional, yang akan tampil sebagai bintang tamu Minggu (17/4/2022), untuk memotivasi munculnya generasi penerus di seni musik islami,” jelasnya.

Ia menerangkan, penampilan spesial dari Al Fajru Mustofa dapat disaksikan langsung bersamaan dengan penganugerahan piala Festival Selawat Batang.

“Seni simtudduror ini juga untuk membentengi jiwa para pejuang selawat dari bahaya radikalisme, menanamkan rasa cinta tanah air dan tidak terjerumus ke dalam perilaku negatif,” tegasnya.

Ia menambahkan, festival tersebut nantinya bisa mencetak bibit-bibit baru, untuk melanjutkan tongkat estafet untuk mengenalkan Kabupaten Batang melalui hadrah atau seni menabuh rebana.

Manajer BTP Varry Astuti mengatakan, kegiatan Festival Rebana ini mendapat sambutan positif masyarakat Batang dan sekitarnya.

“Antusiasme warga sangat tinggi, bagi mereka yang belum mengetahui BTP, ini bisa dijadikan ajang untuk mengenal potensi lain Kota Batang,” ungkapnya.

Secara sudut pandang ekonomi, kehadiran pengunjung dan peserta dari seluruh wilayah, berdampak positif bagi pelaku UMKM. “Tenan-tenan ramai dan menunya juga cepat habis,” ujar dia.

Manajemen BTP bersama BTP Entertainment sedang mempersiapkan agenda khusus sepekan setelah Idulfitri dengan mengundang beberapa musisi dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. ( */ Pedro)

error: