Kesehatan

Hati-Hati dengan Enam Jenis Buah yang Bisa Ganggu Lambung saat Berbuka

948
×

Hati-Hati dengan Enam Jenis Buah yang Bisa Ganggu Lambung saat Berbuka

Sebarkan artikel ini
Hati-Hati dengan Enam Jenis Buah yang Bisa Ganggu Lambung saat Berbuka

PORTAL INDONESIA — Dalam rangka memenuhi kebutuhan nuti dan serat sel bulan puasa, konsumsi buah tetap dianjurkan. Namun, tidak semua buah cocok dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Beberapa jenis buah justru tidak disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. berikut daftar buah yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa:

1. Nangka
Meskipun mudah diolah menjadi hidangan yang lezat, nangka sebaiknya tidak dijadikan menu buka puasa. Gas yang terkandung dalam buah ini dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti perut kembung, diare, atau buang gas terus-menerus. Bagi orang dengan gangguan lambung, mengonsumsi nangka saat perut kosong dapat memicu masalah kesehatan.

2. Mangga
Mangga juga termasuk buah yang sebaiknya dihindari saat buka puasa karena dapat meningkatkan risiko masalah pencernaan.

3. Pisang
Meskipun pisang kaya akan nutrisi, sebaiknya tidak mengonsumsinya saat berbuka. Pisang memiliki sifat asam yang dapat mengganggu usus jika dimakan dalam keadaan perut kosong.

4. Pir
Buah pir memang kaya akan vitamin, mineral, dan rendah kalori. Namun, buah ini memiliki serat kasar yang dapat melukai lambung jika dikonsumsi saat perut kosong.

5. Buah citrus
Buah citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, atau grapefruit kaya akan vitamin dan antioksidan. Meskipun menyegarkan dan sehat, sebaiknya tidak mengonsumsinya saat perut kosong karena sifat asamnya dapat mengiritasi lambung dan menyebabkan masalah pencernaan.

6. Durian
Durian yang terkenal dengan rasa manis dan daging buahnya yang lembut sebaiknya dihindari saat berbuka. Konsumsi durian dapat menyebabkan naiknya asam lambung karena kandungan gasnya, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut yang sudah kosong selama berpuasa.

Penting untuk memperhatikan jenis buah yang dikonsumsi saat berbuka puasa agar tetap menjaga kesehatan pencernaan dan kebugaran selama bulan puasa.