Portal Jateng

H-7 KIE, PKL Alun-alun Kebumen Sudah Mulai Geser ke Jalan Soekarno Hatta

11
×

H-7 KIE, PKL Alun-alun Kebumen Sudah Mulai Geser ke Jalan Soekarno Hatta

Sebarkan artikel ini
H-7 KIE, PKL Alun-alun Kebumen Sudah Mulai Geser ke Jalan Soekarno Hatta

 

KEBUMEN – Selama gelaran Kebumen International Expo (KIE) berlangsung, para pedagang kaki lima (PKL) di kawasan alun-alun Kebumen bakal dipindah ke Jalan Soekarno Hatta lantaran adanya stand yang mengitari alun-alun.

“Untuk PKL alun-alun Kebumen kita pindahkan ke Jalan Soekarno Hatta,” ujar Panitia KIE Frans Haidar usai menggelar sosialisasi penataan PKL alun-alun Kebumen jelang KIE, di Pendopo Kabumian, pada Kamis 25 Mei 2023.

Frans menyebut, sosialisasi ini dilakukan agar para PKL ini bisa memahami adanya kegiatan KIE yang melibatkan banyak kelompok masyarakat. Pemindahan PKL alun-alun kata dia, sudah dimulai sejak H-7.

“Itu sudah kita mulai pada H-7. Stand sudah kita siapkan di Jalan Soekarno Hatta dari depan SMPN 5 sampai tugu PKK. Jadi pemindahan itu tidak dilakukan secara sepihak, tapi sudah lakukan komunikasi secara intens,” terangnya.

Adapun untuk PKL di Jalan Mayjen Soetoyo atau depan SMAN 1 sampai SMPN 1 juga diprediksi akan ramai dilintasi pengunjung karena pintu masuk KIE akan dibuka dari sisi timur utara. Hal ini berbeda dengan KIE pada tahun 2022.

“Kalau KIE tahun lalu kan ditutup, tapi tahun ini ada pintu masuknya di pojok utara sisi timur, jadi pengunjung bisa masuk dari sana, sehingga PKL di jalan Mayjen Soetoyo Insya Allah akan ramai pengunjungnya, tidak seperti tahun sebelumnya,” terang Frans.

Sementara itu, Ketua Paguyuban PKL Alun-alun Muhajir menyambut baik rencana pemerintah daerah untuk melakukan penataan terhadap anggotanya, dalam rangka mendukung KIE. Apapun keputusan pemerintah, pihaknya siap mematuhi dan mendukung.

“Karena ini merupakan hajat orang banyak, hajatnya masyarakat Kabupaten Kebumen, ibarat kata pestanya warga Kebumen, ya pasti kita mendukung, sama seperti tahun sebelumnya kita akan dipindah sementara ke jalan Soekarno Hatta,” ujar Muhajir.

Dengan adanya KIE, pihaknya berharap bisa meningkatkan pendapatan PKL seperti tahun lalu. Jumlah anggota PKL alun-alun sendiri ada 150 orang. Pihaknya berterima kasih kepada pemerintah daerah yang membuat kegiatan besar yang bisa mengundang banyak orang datang ke Kebumen.

“Insya Allah KIE bisa mendatangkan keberkahan untuk kita semua,” tukasnya.

Diketahui KIE 2023 akan berlangsung pada 17-24 Juni 2023. Kegiatan tersebut menyediakan 500 stand pameran, dan ditargerkan bisa mendatangan 200.000 pengunjung. KIE pun bakal diramaikan dengan artis-artis Ibu Kota.