Portal Sumsel

Gubernur Buka Secara Resmi Raimuna Daerah VIII Gerakan Pramuka Tingkat Provinsi Sumsel

12
×

Gubernur Buka Secara Resmi Raimuna Daerah VIII Gerakan Pramuka Tingkat Provinsi Sumsel

Sebarkan artikel ini
Gubernur Buka Secara Resmi Raimuna Daerah VIII Gerakan Pramuka Tingkat Provinsi Sumsel

LUBUKLINGGAU -Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru membuka kegiatan Raimuna Daerah (Raida) VIII Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Selatan tahun 2023 di Bumi Perkemahan Silampari Kota Lubuklinggau, Kelurahan Rahma Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Rabu (17/5/2023).

Ketua panitia pelaksana, M Bima Andre Rianto menerangkan kegitan Raimuna Daerah ini diikuti oleh peserta dengan rentang usia 16-25 tahun dengan tujuan menjadi wadah pembelajaran, pengalaman dan melatih jiwa kepemimpinan.

Rangkaian acara dimulai dari 16 hingga 21 Mei 2023 dengan berbagai kegiatan diantaranya Literasi Digital, perkembangan isu-isu sosial, bela negara, pencegahan stunting, Batik Durian, promosi bidang kesehatan dan sejumlah kegiatan lainnya.

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe menyampaikan, ada dua kegiatan besar tingkat Provinsi Sumsel yang digelar di Lubuklinggau yakni Raida dan STQH yang sangat berkaitan dengan program Pemkot Lubuklinggau ‘Ayo Ngelong ke Lubuklinggau’.

Maka dari itu, Wako mengucapkan syukur dan terima kasih atas kepercayaan terhadap Kota Lubuklinggau untuk menjadi tuan rumah kedua event tersebut.

Dikatakannya, Bumi Perkemahan Silampari yang digunakan sebagai lokasi event Raimuna Daerah ini memiliki area seluas 32 hektar dan sudah dibangun sejak 2014. Kemudian terus disempurnakan sarana dan prasarananya untuk berbagai kegiatan khususnya kepramukaan.

“Beberapa kali program kepramukaan yang telah dilaksanakan disini, namun semenjak pandemi dalam tiga tahun terakhir menyebabkan beberapa kegiatan menjadi terhenti,” ungkapnya.

Ia juga berharap sejumlah event yang digelar di Lubuklinggau bisa terlaksana dengan baik tanpa ada halangan apapun.

Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Mayjen TNI (Purn) Dr Bachtiar mengungkapkan kebanggaannya kepada Gubernur Sumsel dan juga Wako Lubuklinggau karena telah sukses menggelar kegiatan Raimuna Daerah di Lubuklinggau.

Selain itu kepada peserta pramuka yang terdiri dari Pramuka Penegak dan Pandega diminta untuk pintar menjaga kesehatan dengan baik, pintar membawa diri, bersosialisasi dengan semangat yang baik pula.

“Raimuna ini tidak hanya event tahunan semata namun juga menjalin persaudaraan dan meningkatkan wawasan. Pramuka sejati menjunjung tinggi kode kehormatan dan sudah harus ikut serta dalam membangun masyarakat di wilayah masing-masing,” jelasnya.

Kemudian, Raimuna Daerah juga bertujuan sebagai kesiapan membangun diri menimba pengalaman menjadi bekal dikehidupan masa mendatang sekaligus persiapan Sumsel mengirimkan Raimuna Nasional XII di Bumi Perkemahan Cibubur yang rencananya dilaksanakan pads 14-21 Agustus 2023 mendatang

Sementara itu, H Herman Deru mengatakan Raimuna Daerah merupakan kesempatan terbaik melakukan pembinaan bagi Pramuka Sumsel dibidang apapun.

“Kita lakukan pembinaan yang terbaik di Lubuklinggau yang saya sangat bangga wali kota dan jajarannya berhasil melaksanakan kegiatan Raimuna Daerah ini. Semoga tertib dan lancar menumbuhkan semangat patriotis, sopan dan kesatria dalam jiwa – jiwa kepramukaan demi cita-cita bangsa,” harap Herman Deru. (Erwin)