Portal Jatim

Gempa Bumi Magnitudo 3,5 SR Guncang Tuban, Jawa Timur

56
×

Gempa Bumi Magnitudo 3,5 SR Guncang Tuban, Jawa Timur

Sebarkan artikel ini
Gempa Bumi Magnitudo 3,5 SR Guncang Tuban, Jawa Timur

TUBAN– Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 3,5 SR terjadi di wilayah Tuban, Jawa Timur pada Jumat sore, 22 Maret 2024. Guncangan gempa ini diketahui berpusat di laut dengan informasi resmi yang diumumkan melalui akun Twitter resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dengan rincian “Gempa Mag:3.5, 22-Mar-2024 15:19:20 WIB.”

Informasi dari BMKG menunjukkan bahwa gempa tersebut terjadi pada pukul 15.19 WIB dengan pusat gempa berada sekitar 120 kilometer timur laut Tuban. Koordinat titik gempa berlokasi di 5.87 LS dan 112.37 BT, dengan kedalaman gempa mencapai 10 kilometer.

BMKG juga memberikan peringatan kepada masyarakat untuk waspada terhadap potensi gempa susulan yang mungkin terjadi. Mereka menyampaikan bahwa informasi yang disampaikan prioritaskan kecepatan, sehingga perlu diingat bahwa data yang diberikan bisa berubah seiring dengan kelengkapan informasi yang didapat.

Adapun langkah-langkah yang disarankan saat terjadi gempa bumi termasuk untuk tetap tenang, melindungi diri baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, serta mengikuti protokol keselamatan yang disampaikan oleh BMKG.

Saat terjadi gempa, penting untuk tetap tenang dan mencari tempat berlindung yang aman. Bagi yang berada di dalam rumah, disarankan untuk berlindung di bawah meja dan melindungi kepala dengan barang-barang empuk. Sementara itu, bagi yang berada di luar ruangan, di kerumunan, di gunung, di laut, atau dalam kendaraan, langkah-langkah yang tepat perlu diikuti demi keselamatan diri dan orang sekitar.

Peristiwa gempa ini mengingatkan kita semua akan pentingnya kewaspadaan dan kesiapan dalam menghadapi bencana alam.

Semoga masyarakat di wilayah terdampak selalu mendapatkan perlindungan dan bantuan yang diperlukan dalam menghadapi situasi darurat seperti ini.