Portal Jatim

Gedung PLUT Diresmikan, Berikut Pesan Penting Walikota Gus Ipul kepada OPD dan Dinas Terkait

236
×

Gedung PLUT Diresmikan, Berikut Pesan Penting Walikota Gus Ipul kepada OPD dan Dinas Terkait

Sebarkan artikel ini
Gedung PLUT Diresmikan, Berikut Pesan Penting Walikota Gus Ipul kepada OPD dan Dinas Terkait
Pemotongan tali pita di pintu utama gedung PLUT-KUMKM, oleh istri Walikota Pasuruan yaitu Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf, dengan didampingi Walikota, Wakil Walikota, Sekda dan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Pasuruan

KOTA PASURUAN — Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro meresmikan gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) – Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM), yang berlokasi di jalan Ahmad Yani, kecamatan Gadingrejo, kota Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (17/4) pagi.

Acara peresmian dihadiri oleh Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf dengan didampingi istri Dra. Hj. Fatma, lalu Wakil Walikota Pasuruan Adi Wibowo, Sekda Rudiyanto, kepala dinas terkait dan juga para OPD lain, termasuk jajaran pemerintah hingga tingkat kelurahan.

Sebelum peresmian dilakukan, tampak seluruh jajaran dari Pemkot Pasuruan termasuk Walikota dan Wakil Walikota melakukan senam bersama dengan diiringi musik Resik-Resik.

Gedung PLUT Diresmikan, Berikut Pesan Penting Walikota Gus Ipul kepada OPD dan Dinas Terkait
Walikota Gus Ipul, saat menyampaikan sejumlah pesan kepada OPD dan dinas terkait

Dalam kesempatan itu, Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul menekankan beberapa hal khususnya kepada dinas terkat yaitu soal pemanfaatan gedung atau bangunan yang telah disediakan agar berjalan optimal dan berkelanjutan.

“Sesuai dengan cita citanya dulu, gedung ini diharapkan nanti dapat bermanfaat dalam pengembangan koperasi dan UMKM. Ini yang paling penting untuk ditindaklanjuti oleh dinas terkait, yaitu pemanfaatannya”, katanya.

Lanjut Walikota Gus Ipul, “Percuma gedung ini kita bangun sedemikian rupa, lalu tidak kita manfaatkan atau fungsinya tidak maksimal. Memang harus ada perencanaan yang baik, tekad yang kuat, sekaligus mendorong supaya koperasi dan UMKM kita bisa berkontribusi terhadap hadirnya PLUT-KUMKM ini”, paparnya.

Diketahui, bahwa bangunan gedung PLUT itu sendiri awal dibangun pada pemerintahan sebelumnya yaitu tahun 2018 silam. Dan dilanjutkan kembali pembangunannya oleh Walikota Gus Ipul, selesai pada akhir 2023 kemarin dan kini telah diresmikan.

Adapun pembangunan lanjutan itu dilakukan, adalah bagian dari upaya Pemkot Pasuruan dalam meningkatkan fasilitas pelayanan khususnya terhadap pemberdayaan koperasi dan UMKM, serta wirausaha agar kedepan lebih maju dan berkembang.

Selain itu, Walikota Gus Ipul juga berharap adanya sinergitas antar OPD, terutama dalam hal ini antara pemerintah dengan para pelaku koperasi dan UMKM yang ada di Kota Pasuruan.

“Menyinergikan atau mengintegrasikan semua program pendampingan bagi pelaku koperasi dan UMKM, serta wirausaha melalui PLUT-KUMKM terutama di Disperindag maupun OPD-OPD yang lain”, ujar Walikota.

Bukan hanya itu, Gus Ipul juga menginginkan adanya penguatan kemitraan yakni antara pemerintah dengan pelaku usaha ataupun pengusaha-pengusaha sukses.

“Jadi kalau bisa datangkan pengusaha-pengusaha yang sukses atau punya CSR, untuk bisa bertemu di gedung ini (PLUT-KUMKM). Kalau bisa pelaku koperasi dan UMKM kita harus tampil gagah, karena ini dunia bisnis dan trust (mempercayai) itu nomor satu”, terangnya.

Gedung PLUT sendiri terdiri dari dua lantai, dimana untuk lantai bawah dimanfaatkan sebagai ruang galeri atau display atau penataan produk pelaku UKM. Sedangkan di lantai atas, digunakan sebagai tempat pelatihan atau pembinaan dengan kapasitas 50 orang.

Dalam peresmian tersebut, Walikota Gus Ipul menandatangani prasasti sekaligus melakukan pemotongan pita sebagai simbol bahwa gedung PLUT-KUMKM resmi dibuka. (Eko)