Portal Jatim

Ganggu Kenyamanan Puasa Ramadhan, 116 Motor Balap Liar Diamankan Petugas Polres Pasuruan

8
×

Ganggu Kenyamanan Puasa Ramadhan, 116 Motor Balap Liar Diamankan Petugas Polres Pasuruan

Sebarkan artikel ini
Ganggu Kenyamanan Puasa Ramadhan, 116 Motor Balap Liar Diamankan Petugas Polres Pasuruan
Wakapolres Kompol Hendry Ferdinand Kennedy didampingi Kasat Lantas AKP Yudhi Anugrah Putra, saat jumpa pers di Polres Pasuruan

PASURUAN — Dalam rangka untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan terlebih selama puasa di bulan suci ramadhan 1444 H/2023 M, Satlantas Polres Pasuruan berhasil menjaring sebanyak 116 kendaraan bermotor roda dua pada ajang balap liar di beberapa lokasi di Kabupaten Pasuruan.

Melalui press conference atau jumpa pers pada Senin (10/4) pukul 09.00 WIB, Wakapolres Pasuruan Kompol Hendry Ferdinand Kennedy didampingi Kasat Lantas AKP Yudhi Anugrah Putra menjelaskan.

“Terdapat 116 kendaraan roda dua dengan rincian 42 unit kita amankan terkait balap liar, sedangkan 74 lainnya terkait indikasi terlibat balap liar karena berada di lokasi”, kata Wakapolres Kompol Kennedy, panggilan akrabnya.

Pengungkapan tersebut terdapat di 5 TKP yang berbeda, diantaranya di jalan Sunaryo desa Kemirisewu dan depan rumah makan Cianjur kecamatan Pandaan, desa Lemahbang kecamatan Sukorejo, desa Bakalan kecamatan Purwosari serta desa Sudan kecamatan Wonorejo.

Adapun penindakan itu dilakukan, menurut Kompol Kennedy lantaran banyaknya pengaduan dari masyarakat soal balap liar yang dinilai sangat mengganggu dan juga meresahkan.

Selain membahayakan orang lain, aksi balap liar yang dilakukan pada pukul 01.00-02.30 WIB dini hari itu juga dinilai sangat mengganggu terlebih mengenai suara bising yang ditimbulkan dari knalpot brong yang digunakan.

Ganggu Kenyamanan Puasa Ramadhan, 116 Motor Balap Liar Diamankan Petugas Polres Pasuruan
Kompol Kennedy, ketika menunjukkan beberapa kendaraan hasil ungkap balap liar dibeberapa tempat

“Penindakan ini kita lakukan terkait banyaknya pengaduan dari masyarakat terkait kebut-kebutan di malam hari, yang mana itu cukup mengganggu di bulan suci ramadhan ini. Karena banyak orang yang beribadah, terlebih yang istirahat dan itu cukup meresahkan”, ungkap Kompol Kennedy.

Dari sebanyak 116 kendaraan yang saat ini diamankan oleh pihak kepolisian, nanti bisa diambil setelah lebaran tentunya harus disertai surat-surat lengkap dan kendaraan harus dalam kondisi standart.

Tidak sampai disitu, pihak kepolisian juga akan melakukan cek fisik terhadap seluruh kendaraan yang diamankan mulai penggesekan nomor rangka dan nomor mesin.

“Semua kendaraan akan kita lakukan cek fisik nomor rangka dan mesinnya akan kita gesek, apakah sesuai atau tidak. Nanti kalau memang dinilai meragukan dan tidak ada pemilik yang mengakui, maka akan kita limpahkan ke Satreskrim untuk di proses lebih lanjut”, ujarnya.

Lebih lanjut, Wakapolres Kompol Kennedy juga berpesan kepada seluruh masyarakat kabupaten Pasuruan terutama para orang tua agar selalu mengawasi putra-putrinya ketika keluar rumah terutama pada malam hari.

“Tolong untuk seluruh warga atau masyarakat Kabupaten Pasuruan tetap berhati-hati dijalan, terutama bagi para orang tua untuk selalu diperhatikan anak-anaknya, pergi main sama siapa?, lagi ngapain, ditanya?, kalau bisa lebih tegas, anaknya disuruh pulang tidak apa-apa demi keselamatan anak”, pesannya.

Lanjutnya, “Daripada ikut-ikutan balap liar seperti ini, masih mending kendaraannya yang tidak pulang, kalau badannya yang gak pulang (kecelakaan) gimana?, nanti bisanya menangis dan kita selaku orang tua yang rugi”, pungkasnya. (Ek/Gha)