Portal DIY

Forum Diskusi Wartawan DPRD DIY Jelang Pemilu 2024

10
×

Forum Diskusi Wartawan DPRD DIY Jelang Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Forum Diskusi Wartawan DPRD DIY Jelang Pemilu 2024
Ahmad Shidiq, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU DIY (Kanan). (Bambang S/Portal Indonesia)

YOGYAKARTA – Jelang Pemilu 2024 ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) D.I. Yogyakarta selalu mengupdate informasi seputar pemilu di laman resminya, diy.kpu.go.id.

Menurut Ahmad Shidiq – Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU DIY, langkah tersebut dimaksudkan selain untuk membangun komunikasi dengan masyarakat, sekaligus untuk mencegah atau menekan informasi hoaks yang  banyak tersebar di medsos mendekati pemilu nanti.

“Maraknya informasi hoaks dalam Pemilu 2019 lalu nyata-nyata kita alami. Hoaks mampu membelah masyarakat Indonesia. Maka ke depan perlu mewaspadai informasi hoaks dalam Pemilu 2024,” kata Ahmad Shidiq dalam forum diskusi wartawan DPRD DIY di Yogyakarta, Senin (15/5/2023).

Diskusi mengusung tema Dialektika Kebijakan Komunikasi Publik Menyongsong Pesta Demokrasi 2024 juga menghadirkan pembicara Wahyu Nugroho –
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) DIY.

Shidiq menyadari berita hoaks sudah menjadi bagian dari politik dan tidak bisa dipisahkan. Bahkan trennya disebutkan relatif sama dengan pemilu lalu, yakni menggunakan informasi hoaks secara sengaja untuk memprovokasi masyarakat.

Untuk itu masyarakat agar mewaspadai berita hoaks, karena semakin ke belakang pengguna medsos disadari tidak semakin berkurang akan tetapi akan terus bertambah.

Ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama memerangi berita hoaks yang  banyak tersebar di medsos dalam menghadapi pemilu mendatang. (bams)