FIA UB Gelar AVISOC, Diikuti mahasiswa 6 Negara ASEAN

  • Bagikan
FIA UB Gelar AVISOC, Diikuti mahasiswa 6 Negara ASEAN
Suasana konfrensi pers gelaran AVISOC di gedung FIA UB.

KOTA MALANG  – Untuk mendukung kemampuan mahasiswa dalam karya tulis berupa artikel opini dan poster. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) Kota Malang gelar ASEAN Virtual Student Opinion Competition 2021 (AVISOC). Ada 3 negara yang turut mendukung gelaran tersebut.

Menurut Drs. Andy Fefta Wijaya, MDA., Ph.D selaku Dekan FIA UB ” untuk pertama kalinya kami menggelar AVISOC ini, namun kami kaget ketika gelaran ini mendapat respon luar biasa dari dalam negeri maupun 6 negara ASEAN. Kompetisi ini adalah sebuah tantangan bagi para mahasiswa, khususnya mahasiswa di Indonesia untuk bisa bersaing dengan mahasiswa di ASEAN.”

” Ternyata mahasiswa kita juga tidak kalah dengan masiswa di negara – negara ASEAN, meski karya yang di tuliskan harus berbahasa Inggris. Hal tersebut terlihat adanya mahasiswa kita yang masuk sebagai finalis dan memperoleh peringkat juara. Harapannya dengan gelaran AVISOC 2021 ini mahasiswa Indonesia bisa lebih berani menulis sebuah karya tulis opini maupun poster.”

” semua juara dari gelaran AVISOC, karya tulisnya akan kami usahakan untuk dimuat dalam media berbahasa Inggris, dan kemarin kami sudah menjalin kerjasama dengan media Jakarta Post dan kami juga didukung oleh South East Asian Ministers Of Education (SEAMEO) secretariat, sebuah organisasi para menteri Pendidikan negara – negara ASEAN yang berkedudukan di Bangkok Thailand. SEAMEO sangat membantu menyebarluaskan gelaran AVISOC, sehingga gelaran lomba ini gaungnya hingga ke seluruh ASEAN.” tutur pria pejabat presiden FORDEKIIS periode 2021 – 2023.

Dr. Alfi Haris Wanto, M.AP., MMG selaku Chairman of AVISOC 2021 menjelaskan ” ketika pertama ingin gelar Kompetisi ini, target kami semula hanya di ikuti oleh 100 peserta, namun kami kaget ketika tenggat terakhir waktu penutupan pendaftaran ada sebanyak 412 karya tulis yang kami terima dan berasal dari 6 negara di ASEAN. Proses penerimaan karya tulis dan regestrasi dimulai pada sejak tanggal 05 September 2021 dan di tutup pada tanggal 29 September 202.”

” Setelah tahapan pendaftaran dan regestrasi, tim juri melanjutkan dengan tahapan penjurian dan akan kami umumkan pemenang pada tanggal 20 November 2021 secara virtual. Untuk yang ikuti Kompetisi ini adalah mahasiswa dari Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura dan Filipina. Dalam acara puncak pengumuman pemenang nanti para peserta akan mendapatkan sesi Internasional Student Webinar yang akan menghadirkan tiga narasumber dari 3 tiga perguruan tinggi penyelenggara AVISOC.”

” Adapun ketiga narasumber yang akan memberikan ilmunya melalui webinar adalah Joan Dwi Putra (Universitas Brawijaya), Muhammad Luqman Bin Jamalil Idrus (Universiti Utara Malaysia) dan seorang mahasiswa berprestasi dari Burapha University. Kami bertekad Kompetisi AVISOC akan kami gelar tiap tahun dan untuk dana penyelenggaraan murni dari FIA UB dan tidak menarik biaya sepeserpun kepada peserta maupun mahasiswa kami.” pungkasnya dalam konfrensi pers. (Junaedi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

error: