Portal Jatim

Fenomena Wisuda Lulusan SD hingga SMA, Begini Tanggapan Ketua DPRD Ponorogo

17
×

Fenomena Wisuda Lulusan SD hingga SMA, Begini Tanggapan Ketua DPRD Ponorogo

Sebarkan artikel ini
Fenomena Wisuda Lulusan SD hingga SMA, Begini Tanggapan Ketua DPRD Ponorogo
Ketua DPRD Ponorogo, Sunarto

PONOROGO – Sempat ramai diperbincangkan terkait keluhan ‘mahalnya’ kegiatan perpisahan siswa atau purnawiyata yang dinilai memberatkan orang tua wali/murid.

Pun, kegiatan purnawiyata baik mulai tingkat SD hingga SMA di Kabupaten Ponorogo seakan menjadi ‘tradisi’ dalam setiap (tahun) kelulusan para siswa.

Scroll kebawah untuk lihat konten

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Ponorogo, Sunarto mengungkapkan, terpenting proses kegiatan wisuda kelulusan para siswa itu tidak memberatkan orang tua/wali murid.

“Terutama soal tarikan uang, jangan memberatkan orang tua/wali murid. Meskipun kegiatan itu merupakan ajang pembuktian kreativitas dan akademik,” ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (22/6/2023).

Soal setuju tidak setuju ya memang harus dikaji ulang manfaat dan mudharat -nya. Harus ada musyawarah yang baik antara sekolah dengan orang tua/wali murid.

“Katakanlah jika ada pembiayaan, ya harus dirembug dengan baik-baik dan jangan sampai memberatkan,” jelas legislator dari partai NasDem tersebut.

Sejauh ini DPRD Ponorogo belum menerima aduan secara resmi dari orang tua/wali murid. Tetapi memang kabar diluar soal keluhan tarikan kegiatan purnawiyata santer terdengar.

“Toh, kalaupun ada orang tua/wali murid yang benar-benar mengadu ke kita soal keluhan kegiatan tersebut, tentu akan kita (legislatif) tindaklanjuti,” tandasnya.