DPRD DIY Tak Ingin Penutupan TPST Piyungan Terulang Lagi

DPRD DIY Tak Ingin Penutupan TPST Piyungan Terulang Lagi
Ketua Komisi C DPRD DIY Gimmy Rusdin Sinaga (Bambang S/Portal Indonesia)

YOGYAKARTA – Ketua Komisi C DPRD DIY Gimmy Rusdin Sinaga mengatakan penutupan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, Bantul semestinya tidak terjadi kalau sejak awal dinas terkait fokus pada sistem pengelolaan sampah yang tidak berdampak bagi masyarakat.

“Kita sangat prihatin, koq sampai terjadi penutupan TPST Piyungan,” keluh Gimmy kepada pers di ruang kerjanya, Senin (23/5/2022).

Ia berharap penutupan TPST Piyungan tidak terulang lagi. Karena itu diharapkan dinas terkait, yaitu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pekerjaan Umum bisa berkoordinasi dalam penyelesaian persoalan ini. Sehingga permasalahan sampah di DIY tidak berlarut-larut.

DPRD DIY Tak Ingin Penutupan TPST Piyungan Terulang Lagi
Timbunan sampah di pinggiran Kota Yogyakarta (Bambang S/Portal Indonesia)

Untuk itu Gimmy mendesak Pemda DIY serius menyikapi persoalan sampah, khususnya terkait penutupan TPST Piyungan,  beberapa waktu lalu. Karena disadari hanya tiga hari penutupan TPST Piyungan oleh warga setempat, sampah di perkotaan numpuk dan menimbulkan bau tak sedap.

Dalam waktu dekat Komisi C berniat menghadirkan pakar dari pergurunan tinggi untuk dipertemukan dengan dinas terkait yang bertanggung jawab dalam pengelolaan sampah di DIY.

“Kami dari Komisi C sangat serius mengupayakan penyelesaian persoalan sampah ini. Bagaimana supaya sampah tidak berdampak ke masyarakat,” harap Gimmy. (bams)

error: