Portal DIY

DPPP Sleman Gelar Kontes Kambing Ras Kaligesing dan Domba Lokal

11
×

DPPP Sleman Gelar Kontes Kambing Ras Kaligesing dan Domba Lokal

Sebarkan artikel ini
DPPP Sleman Gelar Kontes Kambing Ras Kaligesing dan Domba Lokal
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo serahkan piala kepada pemenang Kontes kambing (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar kontes kambing di Mini Zoo Jogja Exotarium, Mlati, Sleman, Minggu (7/5/2023).

Selain untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat dalam beternak kambing, acara ini juga untuk memeriahkan peringatan hari jadi ke-107 Kabupaten Sleman yang jatuh pada 15 Mei mendatang.

Menurut Kepala Dinas Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Suparmono, kontes kambing ini ada dua jenis kambing yang dikonteskan. Yakni kambing Peranakan Etawa (PE) ras Kaligesing serta domba lokal.

Dalam event ini, untuk kontes kambing PE ras Kaligesing, pihaknya bekerjasama dengan Perkumpulan Peternak Kambing Kaligesing Nasional (PERKANAS). Sedang untuk kontes domba lokal, pihaknya bekerjasama dengan Perserikatan Peternak Kambing Domba Yogyakarta (PPKDY).

“Untuk kontes domba lokal ini tingkatnya nasional. Sedangkan untuk kontes kambing PE ras Kaligesing masih bertingkat regional Jawa, Bali dan Sumatera. Sedang jumlah kambing yang dikonteskan, masing-masing jenis diikuti oleh 250 peserta,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan acara ini baru pertama kali dilakukan Pemerintah Kabupaten Sleman. Tetapi rencananya akan digelar secara rutin tiap tahun sekali yang waktunya bertepatan pada rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Sleman.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengapresiasi serta mendukung penuh diadakannya kontes kambing ini. Diharapkan kontes ini dapat jadi wadah berbagi pengalaman serta ilmu bagi para petani dan peternak untuk mengembangkan potensi kambing ras Kaligesing dan Domba lokal, terutama para generasi muda kita.

“Saya harap kontes ini dapat membawa dampak positif kepada masyarakat Kabupaten Sleman, baik dalam meningkatkan pariwisata ataupun perekonomian warga,” ujarnya. (Brd)