DPD PABDSI Purworejo Resmi Dilantik

DPD PABDSI Purworejo Resmi Dilantik
Penandatanganan SK Pengukuhan DPD PABDSI Kabupaten Purworejo (Foto : M. Fauzi/Portal Indonesia)

PURWOREJO – Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia (DPD PABPDSI) Kabupaten Purworejo Jawa Tengah, resmi dilantik.

Pengukuhan dipimpin langsung oleh Ketua PABPDSI, Ferry Radiansyah, di Ruang Arahiwang komplek Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo, Kamis (4/11/2021).

Pembacaan sumpah jabatan, 48 pengurus PABPDSI, pada hari ini, juga disaksikan oleh Wakil Bupati Yuli Hastuti, Ketua DPRD yang diwakili anggota DPRD Faksi PDIP Timbul Susilo, dan Forkompimda. Turut hadir, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah, dan BPD dari kabupaten lain, serta organisasi perangkat dan kepala desa.

Menduduki jabatan ketua pada kepengurusan PABPDSI Kabupaten Purworejo, adalah Kuspradianto, yang juga menjabat sebagai Ketua BPD Desa Joso Kecamatan Ngombol. Posisi sekretaris, dijabat oleh BPD Desa Dewi Kecamatan Bayan, Abdul Wahab Setiawan.

Kuspradianto, mengungkapkan, kepengurusan persatuan BPD, bertujuan untuk mengakomodasi kepentingan apara anggota BPD, yang selama ini kurang mendapat apresiasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

“PABPDSI bertujuan untuk meningkatkan harkat dan martabat BPD sebagai pengawas dan lembaga demokrasi yang mengemban aspirasi masyarakat,” katanya.

Dalam satu bulan kedepan, lanjut Kuspradianto, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah, dan lembaga terkait, khususnya menyangkut pemerintah desa supaya, peran dan fungsi BPD di Purworejo dapat berjalan sesuai dengan ketentuan undang-undang.

“Selama ini BPD hanya jadi pelengkap,” ungkapnya.

Ia mengatakan, DPD PABPDSI Purworejo, juga akan berupaya meningkatkan kapasitas para anggota. Harapanya, dengan kapasitas yang cukup, seluruh anggota BPD dapat berperan dalam menjalankan roda pemerintahan desa.

Dalam sambutanya, Ferry Radiansyah, mengapresiasi para anggota PABPDSI, khususnya di Purworejo. Ia juga memberikan penghargaan tinggi kepada Pemerintah Daerah Purworejo, yang telah memfasilitasi acara tersebut, sehingga kepengurusan PABPDSI pertama di Jawa Tengah resmi terbentuk.

“Purworejo menjadi yang pertama di Jawa Tengah,” ujarnya.

Ferry Radiansyah, mengajak seluruh anggota BPD yang tergabung dalam PABPDSI, untuk bahu-membahu, dalam memperjuangkan aspirasi BPD.

Sementara itu, Yuli Hastuti, berharap, peran dari BPD dalam pengelolaan pemerintah desa, akan semakin baik. Ia mendorong, BPD untuk menjalankan fungsinya sesuai dengan amanat UU nomor 6 tahun 2014, dengan demikian, penyelenggaraan pemerintah desa dapat semakin akuntabel.

“Konsistensi BPD diperlukan, karena (pengawasan) mengurangi adanya potensi penyelewengan atas kewenangan dan keuangan desa.pungkasya. (Fauzi)

Tinggalkan Balasan

error: