Peristiwa Daerah

Dispar Sleman Gelar Pasar Takjil Kaliurang

10
×

Dispar Sleman Gelar Pasar Takjil Kaliurang

Sebarkan artikel ini
Dispar Sleman Gelar Pasar Takjil Kaliurang
Wabup Sleman Danang Maharsa buka acara Pasar takjil Kaliurang #2 (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Jelang lebaran ini, Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui Dinas Pariwisata setempat menggelar Pasar Takjil Ramadhan di kawasan obyek wisata Kaliurang, Sleman. Acara tahunan yang digelar mulai tanggal 14-19 April 2023 tersebut, pelaksanaanya dibuka oleh wakil Bupati Sleman Danang Maharsa di kawasan Tlogo Putri, Kaliurang, Jumat (14/4/2023).

Dalam sambutanya, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan Pasar Takjil Kaliurang #2.

Penyelenggaraan kegiatan tersebut dikatakan sebagai bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten Sleman dalam memberikan dukungan untuk pengembangan UMKM di Sleman. Selain itu kegiatan ini, juga dilakukan dalam upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi, khususnya untuk sektor pariwisata di Sleman.

“Pemkab Sleman terus melakukan berbagai upaya dalam mendukung UMKM dan wisata di sleman. Salah satunya dengan event – event seperti ini (Pasar Takjil) sebagai pemantik untuk menarik minat masyarakat datang ke obyek pariwisata Kaliurang,”

Danang juga meminta agar pelaku UMKM dan pariwisata untuk memberikan pelayanan yang humanis. Di samping menyuguhkan kualitas produk dan layanan yang terbaik, pelaku usaha juga perlu menunjukkan sikap sopan santun, sehingga wisatawan mau kembali lagi berkunjung ke Sleman.

Dispar Sleman Gelar Pasar Takjil Kaliurang
Wabup Sleman Danang Maharsa tinjau stand UMKM di Pasar Takjil Kaliurang #2 (Brd)

“Mari kita suguhkan layanan yang bagus dan humanis, sehingga wisatawan dapat memiliki kesan tersendiri di Sleman dan selalu merasa kangen untuk kembali datang ke Sleman,” pesan Danang.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ishadi Zayid, mengatakan bahwa Pasar Takjil Kaliurang #2 dilaksanakan sebagai upaya untuk menggerakkan kembali perekonomian masyarakat di bulan Ramadhan, khususnya di area wisata Kaliurang.

Sehingga, Dinas Pariwisata bekerja sama dengan pelaku usaha, pelaku pariwisata, pihak hotel, restaurant dan UMKM untuk menyelenggarakan Pasar Takjil Kaliurang untuk kedua kalinya ini.

“Acara ini diselenggarakan juga dengan tujuan untuk membangun sinergi antara Pemerintah Kabupaten Sleman dengan pelaku ekonomi kreatif untuk menggerakkan perekonomian masyarakat. Selain itu juga untuk menambah daya tarik di destinasi wisata Kaliurang, sehingga kunjungan wisatawan ke kaliurang bisa meningkat,” jelas Zayid.

Zayid menambahkan, selain menyuguhkan bazar UMKM, Pasar Takjil Kaliurang #2 juga menampilkan panggung atraksi seni, festival hadroh, lomba mewarnai, dan lomba melukis. Ia berharap, pelaksanaan Pasar Takjil Kaliurang #2 ini, dapat memberikan manfaat yang lebih luas khususnya bagi masyarakat Sleman. (Brd)